Info

Tak Selamanya Bermanfaat, Berikut Efek Konsumsi Buah Manggis

Konsumsi manggis dengan buah lain bisa sebabkan pusing hingga vertigo.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah Manggis. (pixabay)
Buah Manggis. (pixabay)

Himedik.com - Buah manggis memang mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salahnya adalah vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata serta antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Namun, konsumsi manggis yang berlebihan atau mengombinasikannya dengan buah lain dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Tak percaya? Ini buktinya.

Pertama

Konsumsi manggis bersamaan dengan makanan atau minuman tinggi gula akan mengakibatkan kamu merasa mabuk. Hal ini karena kandungan gula dari keduanya akan bereaksi. Kamu akan merasa mual, muntah, mata terasa berat, pusing, hingga vertigo.

Dampak lain yang ditimbulkan yaitu meningkatkan gula darah secara drastis. Hal ini akan memicu timbulnya penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Buah Manggis. (pixabay/taboty)
Buah Manggis. (pixabay/taboty)

Kedua

Konsumsi buah manggis bersamaan dengan buah durian juga akan menyebabkan kamu merasa mabuk. Hal itu juga merupakan akibat dari tingginya kadar glukosa dan alkohol dalam durian. Apalagi jika kamu menderita hipertensi, jangan coba-coba konsumsi keduanya sekaligus.

Pada dasarnya buah memang menyehatkan. Tapi kamu perlu tahu, ada beberapa buah yang menjadi pantangan karena tingginya kadar gula atau alkohol di dalamnya. Yah, meskipun kita tahu itu adalah gula alami, tetap saja kita harus berhati-hati.

Sebagai saran, kalau kamu punya riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan pada dokter apa saja makanan (termasuk buah) yang menjadi pantangan. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini