Info

Cara Sehat Tahan Godaan Makan Makanan Manis

Kali ini kamu pasti bisa menolak satu donat manis dengan toping keju

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

Himedik.com - Bicara soal makanan manis, pasti sebagian bahkan hampir semua orang tidak akan mengelak jika diberikan sebuah donat dengan toping keju atau cokelat. Harus diakui bahwa sangat sulit menolak keinginan untuk tidak mengonsumsi makanan manis.

Kenyataannya, makanan manis sangat berkaitan erat dengan masalah kesehatan gigi, kenaikan berat badan serta dapat meningkatkan risiko beberapa kondisi kronis seperti penyakit jantung.

Jika kamu salah satu yang sulit lepas dari makanan manis, berikut lima cara sehat yang dapat mengurangi keinginan konsumsi makanan manis, dilansir dari medicaldaily.

1. Cukup tidur

Tidur yang buruk dapat memengaruhi selera makan dengan meningkatkan produksi hormon kelaparan ghrelin. Dengan kata lain, tidak mendapatkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam dapat meningkatkan keinginan makan junk food di siang hari.

Sebuah studi 2012, keinginan makan permen dan pizza muncul ketika seseorang kurang tidur.

2. Baca label nutrisi

Gula yang kamu makan mungkin berasal dari sumber-sumber tersembunyi seperti saus salad dan roti. Rasa manis ini bisa terekam di otak sehingga kadang sulit untuk dilepaskan.

"Hal pertama yang diperhatikan orang ketika mereka membatasi tambahan gula adalah bahwa keinginan mereka berkurang," kata David Ludwig, seorang profesor di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

3. Kualitas melebihi kuantitas

"Jika kamu membutuhkan gula, pilihlah makanan manis yang lezat,'' kata Susan Moores, seorang ahli diet dan konsultan nutrisi terdaftar di St. Paul, Minnesota.

Tetapi pastikan kamu tidak berlebihan dalam hal kuantitas. Moores menyarankan orang-orang untuk memilih camilan berukuran kecil dan "menikmati setiap gigitan - perlahan-lahan," alih-alih memanjakan diri dengan sebatang cokelat besar atau beberapa camilan.

4. Pertimbangkan alternatif

Jika kamu ingin mempertahankan rasa manis dengan cara yang lebih sehat, cobalah memilih sumber gula alami sambil mengurangi gula tambahan.

Misalnya, ganti yogurt rasa biasa dengan yogurt Yunani, yang bisa diberi rasa manis dengan menambahkan beberapa buah segar. Dengan cara yang sama, hindari membeli minuman manis seperti soda dan minuman energi.

5. Konsumsi lebih banyak protein

Seiring dengan lemak, protein cenderung dicerna lebih lambat daripada karbohidrat seperti yang diungkapkan Alissa Rumsey, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics.

"Jika kamu makan makanan yang sebagian besar karbohidrat, dengan tidak cukup protein, itu akan dicerna lebih cepat dan akan menyebabkan gula darah naik," katanya.

Lonjakan ini diikuti oleh penurunan kadar gula darah yang dapat berkontribusi pada keinginanmu untuk makan makanan manis. Untuk mengatasi efek ini, stabilkan gula darah dengan mengonsumsi lebih banyak protein dalam makanan.

Berita Terkait

Berita Terkini