Info

Penyebab dan Cara Atasi Sariawan dengan Bumbu Dapur

Selama ini dikaitkan dengan kekurangan vitamin C, nyatanya sariawan terjadi karena kekurangan zat besi atau vitamin B12 lho.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sariawan. (YouTube)
Sariawan. (YouTube)

Himedik.com - Siapa pun pasti pernah mengalami sariawan. Meski tak begitu mengganggu aktivitas, sariawan menyebabkan penderita harus hari-hati ketika makan. Pasalnya jika tersentuh akan terasa perih, apalagi kalau makan makanan masam dan pedas, malah makin perih.

Penyebab sariawan beragam. Jika selama ini dikaitkan dengan kekurangan vitamin C, nyatanya sariawan terjadi karena kekurangan zat besi atau vitamin B12 lho. Selain itu bibir tak sengaja tergigit serta kondisi medis tertentu seperti infeksi virus, pilek, dan lemahnya sistem imun juga dapat menyebabkan sariawan.

Tak perlu risau, meski akan sembuh dengan sendirinya kamu bisa melakukan langkah penyembuhan dengan beberapa bumbu dapur berikut.

1. Garam

Garam memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat membantu mencegah sariawan menjadi semakin parah. Dengan begitu, proses penyembuhan sariawan akan semakin cepat.

Caranya, larutkan garam dalam air hangat dan gunakan untuk berkumur selama kurang lebih satu hingga dua menit.

2. Es batu

Bagi sebagian orang, sariawan bisa terasa menyakitkan karena membengkak. Supaya cepat sembuh dan nyeri reda, kamu bisa mengompresnya dengan es batu yang dibungkus kain.

Es batu. (pixabay)
Es batu. (pixabay)

3. Kantong teh celup bekas

Menurut Academy of Periodontology, sisa teh yang diseduh dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi dan meningkatkan kesehatan gusi. Cukup tempelkan kantong teh celup bekas pada bibir yang sariawan selama kurang lebih lima menit.

4. Madu

Sama seperti garam, madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan sekaligus mengurangi rasa perih. Cara mengobati sariawan dengan madu, cukup dengan mengoleskannya pada bagian yang sariawan.

Itulah empat bahan alami untuk mengobati sariawan. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini