Info

Ngemil Sehat Saat Begadang dengan 5 Makanan Ini

Camilan mana nih yang jadi favoritmu?

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Ngemil Sehat Saat Begadang dengan 5 Makanan Ini. (unsplash)
Ngemil Sehat Saat Begadang dengan 5 Makanan Ini. (unsplash)

Himedik.com - Idealnya, kamu harus menghindari ngemil menjelang waktu tidur. Tetapi kadang-kadang, kamu akan tergoda untuk ngemil apalagi jika kamu begadang lebih lama dari biasanya.

Banyak pilihan makanan untuk ngemil yang bisa kamu pilih, tetapi penting untuk tetap perhatikan sehat tidaknya camilan yang kamu makan.

Berikut lima makanan sehat yang bisa kamu makan sebelum tidur.

1. Popcorn

Jika kamu begadang untuk nonton film, alangkah senangnya jika di depanmu ada semangkuk popcorn.

Popcorn adalah gandum utuh yang mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Menurut Carissa Bealert, ahli diet dan ahli gizi terdaftar yang bermarkas di Orlando dan Boston, popcorn merupakan makanan rendah kalori.

Namun harus kamu ingat bahwa hindari popcorn yang beraroma atau toping yang tidak sehat.

2. Yogurt Yunani

Pilihan lain untuk ngemil saat begadang adalah yogurt Yunani. Seiring dengan nutrisi penting seperti kalsium dan protein, yogurt juga dapat memberikan rasa kenyang yang lama.

Ingat, pilihlah merek yang bebas lemak dan kaya probiotik karena kalori rendah dapat mencegah kenaikan berat badan sedangkan probiotik bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mental.

Yogurt Yunani/Amazon.com
Yogurt Yunani/Amazon.com

3. Wortel

Mungkin wortel terdengar aneh bahkan tidak masuk dalam daftar camilan yang sering kamu makan. Tapi tidak ada salahnya mencoba, kan?

Amy Gorin, seorang ahli diet terdaftar yang berbasis di New York, menyarankan untuk mengunyah wortel sebagai camilan tengah malam.

''Sayuran adalah sumber serat makanan, vitamin A dan potasium yang baik. Selain itu mengandung alpha-carotene yang baik untuk kekebalan tubuh.''

4. Crackers dengan hummus

Ini bisa jadi pilihan lain yang bisa dipertimbangkan.

''Crackers dengan hummus mengandung tryptophan asam amino yang diubah menjadi serotonin dan menjadi melatonin," kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey. Pilihan ini bisa membantu kamu tertidur dalam keadaan kenyang.

5. Keju cottage

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Florida State University, peserta mengonsumsi keju cottage 30 hingga 60 menit sebelum waktu tidur mereka.

Keju cottage rendah karbohidrat dan tinggi protein yang cenderung dicerna secara perlahan oleh tubuh yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Mana nih camilan saat begadang yang jadi favoritmu?

Berita Terkait

Berita Terkini