Info

Pas Buat Camilan, 4 Kacang Ini Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut sebuah penelitian konsumsi kacang tanah dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Berbagai jenis kacang. (pixabay/ExploreBob)
Berbagai jenis kacang. (pixabay/ExploreBob)

Himedik.com - Kalau kamu suka ngemil, nampaknya kacang bisa dijadikan pilihan. Pasalnya menurut penelitian, konsumsi kacang berkaitan dengan kesehatan jantung. Simak nih ulasan lengkapnya.

1. Kacang Tanah

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah, termasuk selai kacang, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam Nurse's Health Study, mengonsumsi kacang dan selai kacang dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 34 persen pada wanita.

Sejalan dengan itu, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 6.309 wanita penderita diabetes, menunjukkan hasil bahwa makan 1 oz kacang dan 1 sdm selai kacang sebanyak lima kali dalam seminggu atau lebih dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 44 persen.

Kacang tanah. (pixabay/Lebensmittelfotos)
Kacang tanah. (pixabay/Lebensmittelfotos)

2. Almond

Almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). LDL yang menumpuk menyebabkan plak di arteri koroner yang mengakibatkan serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa almond dapat mengurangi risiko resistensi insulin dan diabetes. Bahkan bagi penderita diabetes, konsumsi almond dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Almond. (pixabay/stevepb)
Almond. (pixabay/stevepb)

3. Kenari

Kebanyakan kacang mengandung konsentrasi lemak sehat yang tinggi. Kacang kenari memiliki 47 persen asam lemak tak jenuh ganda yang dianggap sebagai lemak baik.

Meski kebanyakan kacang mengandung asam lemak tak jenuh ganda, kenari adalah satu-satunya kacang yang mengandung asam alfa-linoleat. Asam alfa-linoleat bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan telah terbukti mampu membantu mengurangi penumpukan plak di arteri koroner.

Kenari. (pixabay)
Kenari. (pixabay)

4. Pistachio

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan sekitar 1,5 0z pistachio sehari dan mengalami tekanan mental memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang tidak makan pistachio. Selain itu, konsumsi pistachio pada penderita diabetes juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat mengurangi risiko penyakit terkait diabetes.

Pistachio. (pixabay/Alexas_Fotos)
Pistachio. (pixabay/Alexas_Fotos)

Itulah empat jenis kacang yang menyehatkan karena dapat bantu turunkan risiko penyakit jantung. Kalau kamu suka yang mana nih buat camilan nonton TV?

Berita Terkait

Berita Terkini