Info

Catat! Empat Buah yang Tak Boleh Dikonsumsi Usai Minum Obat

Pisang kerap dikonsumsi bersamaan dengan obat, padahal tak boleh dilakukan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Anggur dan apel. (pixabay/GhiblyCalimero)
Anggur dan apel. (pixabay/GhiblyCalimero)

Himedik.com - Banyak orang menyarankan untuk banyak konsumsi buah dan sayur ketika sakit. Hati-hati lho, pasalnya beberapa buah justru tidak disarankan dikonsumsi ketika kamu sakit karena dapat menghambat kinerja obat, apa saja?

1. Pisang

Hingga detik ini masih banyak orang menggunakan pisang sebagai alat bantu minum obat. Ya, pisang dikunyah sebentar hingga lembut lalu obat dimasukkan dalam lumatan dan ditelan bersamaan.

Mulai sekarang hentikan kebiasaan ini, karena kandungan tyramine dalam pisang akan menghambat kinerja pada beberapa jenis obat tertentu (di antaranya obat gagal jantung dan hipertensi).

2. Anggur

Sepintas, tak ada yang salah dengan anggur. Rasanya manis dan menyegarkan. Namun, kandungan dalam buah anggur ternyata bisa membuat obat tidak bisa diserap usus.

Jenis obat-obatan yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan anggur adalah obat diabetes, pengencer darah, migrain, dan anti depresan.

Anggur. (pixabay/moreharmony)
Anggur. (pixabay/moreharmony)

3. Jeruk

Kalau kamu mau menjenguk teman atau saudara yang sakit, sebaiknya jangan bawakan jeruk. Konsumsi buah jeruk bersamaan dengan obat demam dapat memberikan efek samping halusinasi, mengantuk berlebihan, hingga kerusakan otot.

4. Apel

Begitu pula dengan apel yang sering menjadi pilihan buah tangan untuk menjenguk orang sakit. Pasalnya konsumsi apel berdekatan dengan obat asma, alergi, dan pereda demam dapat mengganggu fungsi obat.

Wah, mulai sekarang lebih berhati-hati ya. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin makan buah setelah minum obat.

Berita Terkait

Berita Terkini