Info

Pikiran Tak Terkontrol? Berikut 5 Trik Sederhana Menenangkan Diri

Pijat tangan dan gunakan minyak esensial.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Minyak Lavender. (pixabay/couleur)
Minyak Lavender. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Masing-masing individu tentunya memiliki kondisi mental yang berbeda-beda. Ada yang kuat dan ada yang perasaannya sangat sensitif.

Di sisi lain, orang lain belum tentu dapat memahami kondisi kita yang sangat sensitif, sehingga bisa jadi kita sangat kewalahan memikirkan perkataan orang. Untuk mengatasinya, berikut telah dirangkum cara mudah menenangkan diri sendiri.

1. Pijat tangan

Memijat titik tertentu pada telapak tangan dapat membuatmu merasa lebih tenang. Cukup gunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan lain, dan lakukan secara bergantian.

2. Menutup mata sejenak

Perlu kamu tahu bahwa 80 persen stimulasi sensorik masuk melalui mata, jadi menutupnya sejenak akan memberikan ruang bagi otak untuk beristirahat. Tak harus tertidur, kamu cukup berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup.

3. Menghela napas

Teknik bernapas seperti ini juga efektif membuatmu lebih tenang. Tarik napas melalui mulut di hitungan kelima dan hembuskan kuat hingga keluar suara deru napas.

Ilustrasi menarik napas. (pixabay/alfcermed)
Ilustrasi menarik napas. (pixabay/alfcermed)

4. Peluk diri sendiri

Pelukan memang menenangkan, begitu pula dengan memeluk diri sendiri. Caranya, silangkan tangan pada dada dan tekan bersamaan ke arah perut. Lakukan kurang lebih selama 10 detik.

Perlu kamu tahu, pelukan 10 detik dapat mengubah kekuatan biokimia dan fisiologis dalam tubuh yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan stres, dan mengurangi depresi.

5. Gunakan minyak lavender

Meski, ada beberapa teori berbeda mengenai mengapa minyak lavender membuat seseorang tenang, tapi beberapa ilmuwan percaya bahwa lavender merangsang aktivitas sel-sel otak di amigdala (bagian otak yang mengontrol rasa takut) mirip dengan cara kerja beberapa obat penenang.

Jadi, tak perlu panik dan cemas. Pikiranmu yang terlalu berlebihan itu bisa kamu atasi dengan kelima cara di atas. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini