Info

Hindari Makanan Ini Jika Ingin Paru-paru Lebih Sehat

Pantang konsumsi makanan ini jika kamu alami masalah pneumonia.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Stan Lee, Pencipta Komik Marvel Meninggal Akibat Pneumonia. (the independent)
Stan Lee, Pencipta Komik Marvel Meninggal Akibat Pneumonia. (the independent)

Himedik.com - Pneumonia dikenal juga dengan istilah paru-paru basah. Penyakit inilah yang telah merenggut nyawa penulis, editor, penerbit sekaligus produser, Stan Lee.

Banyak faktor yang bisa memicu parahnya kondisi pneumonia misalnya kondisi lingkungan - paparan polusi - dan juga makanan.

Beberapa pantangan makanan di bawah ini sebaiknya harus kamu penuhi jika ingin paru-paru lebih sehat.

Dilansir dari lunginstitute, ada tujuh jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari demi mendapatkan paru-paru yang lebih sehat.

1. Daging

Daging panggang. (pixabay)
Daging panggang. (pixabay)

Sebagian besar daging yang diawetkan seperti daging asap, potongan daging dingin, ham dan hotdog mengandung zat aditif yang disebut nitrat.

Perusahaan sering menambahkan nitrat untuk warna atau memperpanjang umur penyimpanan daging.

Sebuah studi dari European Respiratory Journal menunjukkan nitrat tambahan meningkatkan risiko untuk masuk kembali rumah sakit terkait COPD.

2. Garam berlebihan

Garam. (pixabay)
Garam. (pixabay)

Garam dapat membuat orang menahan air, dan kelebihan air dapat menyebabkan masalah pernapasan. Alih-alih menggunakan garam atau pengganti garam, cobalah bumbu dan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasa makanan.

3. Produk susu

Ilustrasi susu rendah lemak. (pixabay/couleur)
Ilustrasi susu rendah lemak. (pixabay/couleur)

Untuk orang dengan penyakit paru-paru, produk susu dapat memperburuk gejala. Susu diketahui mengandung casomorphin, sebuah "produk pemecahan susu," yang telah diketahui meningkatkan lendir di usus. Orang dengan penyakit paru-paru sering mengalami peningkatan lendir. Ada baiknya konsultasikan dulu ini ke dokter.

4. Jenis sayuran tertentu

Brokoli. (iStock)
Brokoli. (iStock)

Gas dan kembung orang-orang dengan penyakit paru-paru menjadi lebih sulit untuk bernapas. Sayuran seperti kubis, brokoli, lobak dan kembang kol, dipenuhi dengan nutrisi dan serat, tetapi sayuran jenis ini juga membuat kamu kelebihan gas, jadi cobalah batasi asupan ini.

5. Gorengan

Gorengan juga dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan dengan mendorong diafragma, membuatnya sulit dan tidak nyaman untuk bernafas.

Makan gorengan yang berlebihan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang meningkatkan tekanan pada paru-paru.

Makanan yang digoreng penuh dengan lemak tidak sehat bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hindari kentang goreng, ayam goreng, atau onion ring dan cobalah alternatif lain yang lebih sehat.

6. Minuman berkarbonasi

Ilustrasi minuman bersoda. (pixabay)
Ilustrasi minuman bersoda. (pixabay)

Minuman ini dipenuhi dengan gula, kalori dan banyak karbonasi sehingga bisa berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan peningkatan gas dalam perut.

Minuman berkarbonasi seperti soda, bir, anggur bersoda juga berkontribusi terhadap dehidrasi. Jadi, ketika kamu haus, usahakan harus minum air.

7. Makanan dan minuman asam

Vitamin C dalam buah jeruk. (shutterstock)
Vitamin C dalam buah jeruk. (shutterstock)

Ada cincin otot yang membentuk katup di ujung esofagus. Jika katup tidak menutup atau membuka terlalu sering, asam lambung dapat masuk ke kerongkongan.

Ini menciptakan rasa panas dalam perut, dan sering mulas. Orang dengan penyakit paru-paru mungkin menemukan refluks asam meningkatkan gejala penyakit paru-paru mereka. Hindari atau batasi makanan dan minuman asam seperti jeruk, jus buah, saus tomat, kopi dan makanan pedas.

Itu tadi beberapa makanan yang harus kamu hindari agar paru-paru lebih sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini