Info

Begini Cara Mencegah Penularan Penyakit Mata Merah

Biasanya penyakit mata merah bisa sembuh dalam kurun waktu dua minggu tanpa perawatan medis.

Rauhanda Riyantama

Penyakit mata merah. (pixabay)
Penyakit mata merah. (pixabay)

Himedik.com - Penyakit mata merah atau dalam istilah medisnya disebut konjungtivitis adalah penyakit menular. Meski bergitu, penyakit ini tidak menimbulkan masalah kesehatan serius.

Namun dalam beberapa kasus, sakit mata merah bisa menyebabkan penderitanya frustasi, terutama pada kasus konjungtivitis akibat alergi. Hal ini dikarenakan si penderita akan mengalami rasa gatal hebat yang terjadi terus menerus.

Seperti dilansir dari hellosehat, sekitar setengah penderita penyakit mata merah bisa sembuh dalam kurun waktu dua minggu tanpa perawatan medis.

Nah, oleh sebab itu kali ini Himedik akan memberikan tips menangani penularan akibat penyakit mata merah. Ingin tahu jelasnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Perawatan dengan obat tetes mata

Penggunaan antibiotik, menurut Medical News Today, tidak bisa terlalu menyembuhkan mata merah jika penyebabnya berasal dari infeksi virus. Bahkan jika penyebabnya adalah bakteri maka pengobatan dengan antiobiotik akan memakan waktu selama satu bulan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya 1 dari 10 orang penderita yang bisa pulih dengan antibiotik. Namun pada beberapa kasus, antibiotik mungkin bisa diresepkan bila gejala yang terjadi sudah termasuk berat atau telah berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Penyakit mata merah. (shutterstock)
Penyakit mata merah. (shutterstock)

Perawatan yang lebih umum diberikan, yakni obat tetes mata yang mengandung antihistamin. Dosis pemberian obat tetes mata tergantung pada jenisnya.

Selain obat tetes mata, salep juga bisa digunakan jika sakit mata merah terjadi pada bayi dan anak-anak. Penting untuk diketahui, penglihatan beberapa orang bisa menjadi buram setelah menggunakan obat tetes mata. Itu sebab itu, pastikan dulu tidak melakukan hal-hal yang membahayakan diri dan orang lain setelah melakukan perawatan ini.

Merawat diri sendiri

Selain rutin memeriksakan ke dokter, ada baiknya merawat diri sendiri untuk meringankan gejala sehingga terhindar dari penyakit mata merah.

  • Hindari penggunaan lensa kontak sementara waktu, setidaknya sampai perawatan antibiotik selesai sekitar 24 jam kemudian. Jika ingin menggunakan lensa kontak lagi, sebaiknya buang dan ganti lensa, serta air pencucinya.
  • Gunakan sapu tangan atau handuk kecil yang dibasahi dalam air hangat bisa membantu mengompres mata untuk mengurangi gatal dan iritasi mata. Lakukan beberapa kali dalam sehari dan usapkan lembut pada mata yang tertutup.
  • Rutin mencuci tangan bisa membantu mencegah penyebaran infeksi.

Berita Terkait

Berita Terkini