Info

Mengintip Khasiat Kopi Rarobang, Racikan Khas Ambon

Kopi ini disajikan dengan memadukan rempah-rempah dan kopi arabica.

Rauhanda Riyantama

Kopi Rarobang. (Instagram/niluh_indriati)
Kopi Rarobang. (Instagram/niluh_indriati)

Himedik.com - Bicara soal kopi, di Indonesia sendiri memiliki banyak varian kopi yang menggugah selera para penikmatnya. Tak terkecuali kopi Rarobang, racikan khas Ambon, Maluku.

Seperti dilansir dari Guideku.com, kopi ini disajikan dengan memadukan rempah-rempah dan kopi arabica. Jadi tak heran jika sajian kopi yang satu ini memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Ambon.

Tak hanya itu, sebab kenikmatannya yang hakiki, kopi Rarobang bahkan terkenal hingga mancanegara.

Konon, para leluhur terdahulu memfungsikan minuman ini tak hanya sebagai pelepas penat, tetapi juga dapat memberikan khasiat untuk kesehatan. Maka sejak itulah kopi Rarobang menjelma menjadi sesuatu yang sulit dilupakan.

Usut punya usut, ternyata kopi Rarobang tercipta dari perpaduan antara kopi arabica, jahe, cengkih, kayu manis, daun serai, dan kacang kenari. 

Kopi Rarobang. (Instagram/nyong_tukangjalan)
Kopi Rarobang. (Instagram/nyong_tukangjalan)

 

Jika dilihat dari kacamata medis, ramuan tersebut memang memilki manfaat untuk kesehatan. Misalnya jahe, jenis makanan akar ini mengandung nutrisi yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker dan memperlancar sistem pencernaan.

Sedangkan kayu manis mengandung potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi, sehingga ampuh untuk menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas, dan meningkatkan fungsi otak.

Dan yang tak kalah penting adalah daun serai. Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, serai juga mengandung  vitamin A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.  

Sementara itu, kopinya sendiri bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, mencegah kanker, hingga mencegah depresi. Namun, agar benar-benar memberikan manfaat, ada baiknya tidak diminum secara berlebihan.

Sedikit informasi, masyarakat Ambon biasanya menyeruput kopi Rarobang di kala petang selepas pulang kerja. Untuk menambah kesempurnaan, kopi ini disajikan bersama pisang sambal khas Maluku.

 

Artikel terkait dimuat Guideku.com dengan judul: Menyesap Nikmatnya Kopi Rarobang, Racikan Leluhur di Ambon

Berita Terkait

Berita Terkini