Info

Yuk, Perhatikan Beberapa Peringatan Ini Sebelum Membeli Obat

Diperhatikan dengan cermat ya.

Dany Garjito | Yuliana Sere

Ciri-ciri obat yang tidak layak dikonsumsi. (iStock)
Ciri-ciri obat yang tidak layak dikonsumsi. (iStock)

Himedik.com - Hampir semua obat yang dijual di apotek memiliki lambang pada kemasannya. Tidak hanya itu, obat-obat ini juga dilengkapi dengan masa kadaluarsanya.

Saat membeli obat, hal pertama yang harus kamu lihat adalah kemasannya. Jika kemasan obat rusak, maka sebaiknya kamu tidak membelinya atau mengganti dengan kemasan obat lain.

Selanjutnya, perhatikan tanggal kadaluarsa. Obat yang sudah melewati tanggal kadaluarsa berarti sudah tidak memiliki efeknya bahkan bisa menyebabkan keracunan.

Kemudian, jika dalam bentuk cairan, perhatikan warnanya. Warna obat yang sudah tidak sesuai bahkan mengeluarkan aroma yang aneh harap jangan dikonsumsi.

Larangan-larangan ini penting karena jika kamu mengonsumsinya, maka bukan kesehatan yang akan kamu dapat melainkan racun yang bisa menggerogoti organ tubuhmu.

Di sisi lain, lambang obat juga tidak kalah penting untuk diperhatikan karena ini bisa menentukan mana obat yang bisa kamu beli secara bebas dan mana yang tidak.

Ilustrasi obat-obatan. (iStock)
Ilustrasi obat-obatan. (iStock)

1. Obat dengan lambang lingkaran biru dan garis hitam pada tepi.

Beberapa jenis obat yang masuk dalam golongan ini hanya bisa kamu beli di apotek. Selain itu, jika kamu perhatikan maka di setiap kemasan akan ada peringatan dan dosis obat.

Semua obat yang masuk dalam golongan ini adalah obat bebas terbatas. Maksudnya, kamu bisa beli obat ini tanpa resep dokter namun obat ini memiliki dosis yang cukup tinggi.

2. Huruf K

Huruf K biasanya berada dalam lingkaran merah dan dikelilingi oleh garis tepi hitam.  Pastikan kamu membelinya dengan resep dokter karena obat ini termasuk dalam golongan obat keras.

3. Lingkaran hijau dan garis tepi berwarna hitam

Obat ini pada umumnya dijual secara bebas, misalnya yang biasa kamu lihat di apotek atau warung. Obat ini juga masuk dalam jenis obat bebas yang bisa kamu beli tanpa resep dokter.

Itu tadi beberapa peringatan yang harus diperhatikan saat membeli obat.

Berita Terkait

Berita Terkini