Info

Dua Langkah Mudah Mengatasi Hyperhidrosis

Hyperhidrosis merupakan kondisi seseorang mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi hyperhidrosis. (pixabay)
Ilustrasi hyperhidrosis. (pixabay)

Himedik.com - Hyperhidrosis merupakan kondisi seseorang mengeluarkan keringat secara berlebihan padahal sedang tidak kepanasan atau melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Menurut International Hyperhidrosis Society (IHHS) kondisi ini paling sering terjadi di ketiak, kaki, tangan, dan wajah atau kepala. Tak perlu khawatir, berikut cara mengatasinya:

1. Gunakan antiperspirant

"Ini adalah langkah pertama yang bagus untuk mengatasi keringat berlebih," kata Dr. Kirkorian. Antiperspirant mengandung aluminium klorida yang dapat menghambat kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan.

Untuk hasil terbaik gunakan pada malam hari karena pada waktu itu kelenjar keringat tidak begitu aktif. Sedangkan di pagi hari kamu bisa menggunakan deodoran sebagai pengganti. Supaya hasilnya maksimal, coba gunakan pengering rambut pada pengaturan hangat dan arahkan pada area yang diberi antiperspirant.

Ilustrasi deodoran. (pixabay)
Ilustrasi deodoran. (pixabay)

2. Minta resep dokter

Menurut IHHS obat-obatan oral, seperti antikolinergik, dapat digunakan untuk mengatasi hiperhidrosis. Namun kamu perlu hati-hati karena menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Maret 2015 dalam jurnal JAMA Internal Medicine menunjukkan hubungan antara penggunaan jangka panjang obat-obatan ini dan demensia.

Bahkan orang yang sehat juga perlu mempertimbangkan potensi efek samping karena menurut penelitian, obat tersebut dapat menyebabkan sembelit, penglihatan kabur, mulut kering, dan peningkatan denyut jantung. Maka dari itu sebaiknya minta resep dokter untuk pengobatan.

Itulah dua langkah mudah mengatasi keringat berlebih. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini