Info

Tiga Santapan yang Bikin Susah Tidur, Salah Satunya Justru Air

Kok bisa sih air bikin susah tidur?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Makanan manis. (pixabay)
Makanan manis. (pixabay)

Himedik.com - Susah tidur nampaknya hal yang sering dialami oleh banyak orang. Meski sepele, tapi dampak yang ditimbulkan dari kondisi ini bisa sangat berbahaya lho. Maka dari itu, kamu yang menderita susah tidur sebaiknya hindari makanan dan minuman di bawah ini.

1. Teh hijau

Banyak orang lebih menyarankan minum teh hijau daripada kopi karena kandungan kafeinnya lebih rendah. Memang benar dan hal itu bisa kamu lakukan di penghujung hari sekitar pukul 3 hingga 4 sore.

Pasalnya selain mengandung kafein, teh hijau juga mengandung theibromine dan teofilin yang bisa menyebabkan detak jantung meningkat dan menimbulkan rasa cemas. Akibatnya tidur menjadi susah.

2. Air

Siapa sangka air justru jadi penyebab susah tidur? Hal ini karena minum banyak air sebelum tidur dapat merangsang produksi urin sehingga membuat terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

Dan hal itu akan menjadi masalah jika kamu tidak bisa langsung terlelap tidur lagi setelahnya. Solusinya, minumlah air  putih beberapa jam sebelum tidur.

Air putih. (pixabay)
Air putih. (pixabay)

3. Makanan manis

Selain tak sehat makanan manis tinggi gula juga bisa sebabkan kamu susah tidur lho. Cookies, cokelat, atau kue dapat menyebabkan gula darah naik dan membuat tubuh lebih berenergi. Akibatnya tubuh sulit diajak tidur.

Itulah tiga makanan dan minuman yang bikin susah tidur. Dari ketiganya mana nih yang sering kamu santap sebelum tidur?

Berita Terkait

Berita Terkini