Info

Tujuh Cara Meditasi Bisa Bantu Hilangkan Stres dan Kecemasan

Sudah meditasi hari ini?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Meditasi. (shutterstock)
Meditasi. (shutterstock)

Himedik.com - Dalam dunia yang serba cepat ini, pengalaman seperti kurang tidur menjadi hal yang biasa. Bahkan, dilaporkan bahwa kurang tidur bisa membuat seseorang stres.

Tidak hanya itu, berbagai penyakit seperti cepat merasa lelah, jantung berdebar lebih cepat juga sering dialami mereka yang tidak cukup mendapatkan waktu tidur.

Ini tentu bisa membuat seseorang mudah mengalami stres. Menurut penelitian, tingkat stres telah meningkat selama lima tahun terakhir.

Satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan risiko terkena stres adalah dengan melakukan meditasi.

Berikut tujuh cara meditasi bisa bantu hilangkan stres dan kecemasan.

1. Dengan menciptakan waktu dan ruang yang teratur untuk berlatih, kamu memberi dirimu waktu untuk duduk dan tidak melakukan apa-apa. Kamu memberi izin untuk dirimu merasa 'bosan.'

Lakukan Meditasi dan Rasakan Lima Manfaatnya. (unsplash)
Lakukan Meditasi dan Rasakan Lima Manfaatnya. (unsplash)

2. Kamu mencoba untuk tidak menghakimi. Ketika ada pikiran yang datang, kamu hanya mencoba untuk kembali ke teknik pernapasanmu.

3. Kamu lebih menyadari apa yang ada dalam pikiranmu. Mencoba untuk mengontrol pikiranmu.

4. Kamu lebih mengenal tubuhmu. Ketika kamu duduk tanpa gangguan dalam kurun waktu tertentu, kamu mulai untuk lebih merasakan apa yang kamu rasa dalam tubuhmu.

Ilustrasi meditasi. (pixabay)
Ilustrasi meditasi. (pixabay)

5. Pikiran lebih jelas. Ketika meditasi, tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Kamu semakin memahami tentang dirimu dan bagaimana pikiranbekerja, maka itu bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih.

6. Bisa meredakan emosi. Melatih pikiran dan pernapasan saat meditasi bisa membantu meredakan emosi.

7. Lebih menikmati makanan. Bagi orang yang super sibuk, mungkin jarang untuk 'menikmati' makanan misalnya bersama keluarga. Meditasi membantumu untuk bisa mendapatkan manfaat ini.

Tujuh cara di atas bisa kamu dapat jika kamu rajin melakukan meditasi.

Berita Terkait

Berita Terkini