Info

Yuk, Lakukan Meditasi 30 Hari, Mudah kok!

Karena banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Lakukan Meditasi 30 Hari. (unsplash)
Lakukan Meditasi 30 Hari. (unsplash)

Himedik.com - Meditasi sudah diketahui memiliki banyak manfaat untuk pikiran dan juga untuk tubuh. Pasalnya aktivitas ini bisa membersihkan pikiran dari kekacauan yang selama ini terjadi.

Dilansir dari livestrong, HiMedik menemukan tips melakukan tantangan meditasi selama 30 hari.

Caranya mudah, selama 10 hari pertama, habiskan lima menit untuk meditasi. Kemudian pada hari ke-11 hingga 20, tambahkan lima menit menjadi 10 menit.

Selanjutnya untuk 10 hari terakhir, lakukan meditasi selama 15 menit setiap hari dengan lebih penuh perhatian.

Untuk bermeditasi, tidak ada cara yang benar atau salah. Kamu bisa duduk diam sendiri atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah dengan penuh perhatian.

Mengapa kamu harus meditasi?

Meditasi. (shutterstock)
Meditasi. (shutterstock)

1. Meditasi menghilangkan stres. Dengan duduk diam selama beberapa menit, kamu mendorong otak untuk memperlambat tugasnya dan tubuh menjadi lebih tenang.

2. Meningkatkan kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan meditasi teratur bahkan hanya lima menit sehari membantu fungsi sistem kekebalan tubuh menjadi semakin baik dan dapat mengurangi rasa sakit.

3. Meningkatkan produktivitas. Ini bisa meningkatkan fokus, perhatian dan memori serta kemampuan untuk berpikir kreatif.

4. Membuat lebih bahagia. Meditasi bisa meningkatkan emosi positif sambil mengurangi depresi dan kecemasan. Ini juga bisa mengurangi rasa kesepian.

Apa yang kamu lakukan ketika bermeditasi?

Ilustrasi meditasi. (pixabay)
Ilustrasi meditasi. (pixabay)

1. Tidak ada

Itulah inti dari meditasi. Kamu tidak perlu melakukan apa pun. Biarkan apa pun datang ke pikiranmu dan biarkan pikiran itu pergi sendiri.

2. Ulangi 'mantra'

Kamu bisa mengulangi kata atau frasa untuk membantu pikiran tetap fokus selama meditasi. Misalnya, ''Hari ini saya memilih untuk bersikap ramah,'' atau ''Saya kuat dan berani.''

3. Berdoalah atau luangkan waktu untuk bersyukur

Kamu tidak perlu menjadi religius atau bahkan sangat spiritual untuk menjalani meditasi, tetapi banyak orang menggunakan waktu ini sebagai bagian dari latihan spiritual mereka. Dan jangan lupa bersyukur.

Semoga kamu tertarik melakukan meditasi ya.

Berita Terkait

Berita Terkini