Info

Waspada, Ini 5 Bagian Tubuh yang Kena Dampak Stres

Ketika stres, otak akan memproduksi kortisol, dan jika jumlahnya terlalu banyak akan menurunkan fungsi otak.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi stres. (pixabay)
Ilustrasi stres. (pixabay)

Himedik.com - Stres memberikan dampak besar pada kehidupan dan kesehatan seseorang. Jika tak segera ditangani, stres akan mengganggu kesehatan dan fungsi organ tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima bagian tubuh yang kena dampak stres.

1. Otak

Begitu pula dengan otak, ketika stres bagian otak yang bernama hipotalamus akan mengirimkan sinyal ke sistem saraf otonom untuk memproduksi adrenalin dan kortisol. Jika kortisol diproduksi terlalu banyak maka dapat menurunkan fungsi otak dan risiko paling parah yaitu terkena gangguan mental.

2. Kepala

Ketika stres, tubuh akan melepaskan zat kimia yang mempengaruhi saraf serta pembuluh darah di otak. Akibatnya seseorang akan menderita migrain atau sakit kepala.

3. Leher 

Ilustrasi leher kaku. (pixabay/filmwithmark)
Ilustrasi leher sakit. (pixabay/filmwithmark)

Ketika seseorang sedang tertekan, tanpa sadar mereka akan menaikkan bahu. Padahal secara tidak langsung hal itu membuat otot leher dan bahu mengencang. Akibatnya bagian tersebut akan terasa sakit atau nyeri.

4. Hati

Stres yang berkelanjutan dapat memicu hati memproduksi lebih banyak glukosa. Tentu saja itu bukanlah hal yang baik bagi tubuh karena kadar glukosa yan tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes.

5. Reproduksi

Bahkan tak jarang siklus menstruasi juga menjadi terganggu karena stres. Bisa terjadi lebih lambat atau malah lebih cepat. Haid menjadi tak teratur dan gejala PMS lebih parah dari biasanya.

Itulah lima bagian tubuh yang kena dampak stres. Tetap jaga kesehatan dan jangan sampai stres ya.

Berita Terkait

Berita Terkini