Info

Hindari Lima Makanan Ini Jika Ingin Bebas dari Penyakit Liver

Ada makanan yang kamu sering makan lho.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Ilustrasi hati. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi hati. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Himedik.com - Penyakit liver atau hati merupakan kondisi hati yang memiliki gangguan sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada beberapa jenis penyakit hati misalnya hepatitis A, B, C, sirosis hati, hepatitis alkoholik, hemokromatosis dan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Penyakit-penyakit tersebut tentu dimulai dari pola hidup yang tidak sehat, misalnya dari makanan yang kamu makan.

Berikut makanan yang memicu penyakit hati, antara lain:

1. Lemak trans

Lemak trans bisa kamu temui pada minyak yang mengandung lemak jenuh misalnya dalam makanan olahan. Lemak trans juga cepat meningkatkan kolesterol jahat. Makanan seperti craker, cookies, biskuit, dressing salad, dan popcorn yang dibuat dengan microwave bisa mengandung ini.

2. Olahan buah

Olahan buah menggunakan pemanis buatan yang sering kamu temui di supermarket harus diwaspadai. Menurut riset dalam jurnal Hepatology pada 2013, fruktosa berhubungan dengan penyakit hati dan peradangan. Makanan yang harus dihindari misalnya kismis, trail mix, dan madu olahan.

Kentang goreng. (pixabay)
Kentang goreng. (pixabay)

3. Makanan yang digoreng

Tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat, semua makanan yang digoreng sangat berbahaya bagi kesehatan hati. Makanan yang perlu diwaspadai, misalnya gorengan, kentang goreng, roti sandwich, stik mozarella, dan donat.

4. Sirup jagung tinggi fruktosa

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan banyak mengonsumsi fruktosa dapat menyebabkan kerusakan hati. Contoh makanannya antara lain soda, puding, snack buah, sereal bar, yoghurt, roti dan crakers.

5. Sodium

Sodium yang terlalu banyak bisa menyebabkan kelebihan cairan dalam hati. Contoh makanan yang mengandung banyak sodium antara lain: daging, keju, pizza, kecap.

Hindari makanan-makanan di atas jika ingin terhindari dari penyakit liver.

Berita Terkait

Berita Terkini