Info

Jahe Tidak Hanya untuk Kesehatan Tetapi Juga Kecantikan

Percaya atau tidak, jahe bisa membuat kulit bersinar.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Jahe. (pixabay)
Jahe. (pixabay)

Himedik.com - Saat kamu flu, ibu atau nenekmu mungkin menyarankan untuk minum teh jahe, atau saat suara lagi serak, jahe mungkin menjadi pilihan pertamamu.

Ya, manfaat kesehatan jahe juga dibenarkan oleh Christy Brissette, RD, presiden 80 Twenty Nutrition. Ia mengingatkan, jika kamu ingin mengonsumsi jahe lebih banyak, bicarakan dahulu dengan dokter karena jahe bisa mengganggu kerja obat.

Dikenal sebagai salah satu obat mujarab, jahe ternyata juga punya manfaat kecantikan. Dilansir dari womenshealthmag, berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan.

1. Membuat kulit bersinar

Karen Ansel, RDN dan penulis Healing Superfoods untuk Anti-Aging: Stay Younger Live Longer menjelaskan jahe mengandung zat yang dikenal sebagai gingerol yang bisa meredam peradangan dan mematikan senyawa penyebab rasa sakit.

Kombinasi kurkumin dan jahe membantu memperbaiki penampilan kulit serta menenangkan kulit.

ilustrasi minuman jahe (Hello Sehat)
ilustrasi minuman jahe (Hello Sehat)

 

2. Melawan kanker dan tanda-tanda penuaan

Jahe mengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker ovarium. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang memengaruhi produksi kolagen, sehingga bisa membuatmu terlihat lebih muda.

3. Menyembuhkan mual dan kembung

Jika kamu merasa kembung, kamu bisa mengonsumsi secangkir teh jahe. Ini bisa membantu menenangkan perut dan mencegah kembung.

Jahe. (pixabay)
Jahe. (pixabay)

 

4. Menurunkan kolesterol jahat

Jahe bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jenis kolesterol yang buruk), mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, jahe juga mampu mencegah pembentukan gumpalan darah, mengurangi risiko stroke dan jantung.

5. Melawan pilek

Jahe memiliki sifat antimikroba dan antijamur untuk membantu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu cukup campurkan dua sendok makan jahe parut segar, jus lemon dan setengah sendok makan madu.

Agar bervariasi, kamu juga bisa mencampur setengah sendok teh jahe ke dalam smoothie atau ke dalam salad buah.

Berita Terkait

Berita Terkini