Info

Ini Manfaat Teh Kembang Sepatu, Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Lihat enam manfaat lainnya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bunga kembang sepatu. (unsplash)
Bunga kembang sepatu. (unsplash)

Himedik.com - Teh kembang sepatu mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Ya, teh kembang sepatu atau hibiscus sabdariffa ini menjadi teh favorit di dunia kesehatan barat.

Dilansir dari womenshealthmag, teh kembang sepatu benar-benar baik untuk diminum setiap hari, kata Emily Kyle, ahli gizi diet terdaftar. Teh ini bisa disajikan panas atau dingin.

Ini tujuh manfaat teh kembang sepatu yang wajib kamu tahu.

1. Menurunkan kolesterol dan trigliserida

Minum satu cangkir teh kembang sepatu dua kali sehari selama satu bulan bisa mengurangi kadar kolesterol total pada pasien diabetes — termasuk kolesterol LDL, jenis yang buruk — dan trigliserida, sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL, jenis yang baik.

Ilustrasi teh terbaik (pixabay)
Ilustrasi teh terbaik. (pixabay)

2. Membuat pencernaan lancar

Jenis teh herbal ini juga berfungsi sebagai diuretik alami, membantu menghilangkan air dan natrium dari tubuh, berkontribusi untuk buang air kecil yang normal dan buang air besar," kata Georgia Rounder, ahli gizi diet terdaftar.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Teh kembang sepatu tinggi kandungan vitamin C, vitamin kunci yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Sangat cocok untuk menangkal penyakit musim dingin.

4. Membantu menurunkan berat badan

Satu studi menemukan konsumsi ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu bisa menurunkan lemak perut serta berat badan semakin berkurang.

Namun penting untuk diingat bahwa penelitian ini menggunakan ekstrak kembang sepatu yang lebih terkonsentrasi daripada teh.

Bunga kembang sepatu. (unsplash)
Bunga kembang sepatu. (unsplash)

5. Meringankan peradangan

Teh kembang sepatu juga penuh dengan fitokimia seperti polifenol dan antosianin, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fitoterapia. Senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan hati

Satu studi tahun 2014 menemukan bahwa mengambil ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu memperbaiki steatosis hati — alias penyakit hati berlemak, kondisi serius yang dapat menyebabkan gagal hati — pada individu yang kelebihan berat badan.

7. Menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, orang dewasa dengan hipertensi yang mengonsumsi tiga porsi (720 ml) teh hibiscus setiap hari mengalami penurunan tekanan darah secara keseluruhan.

Tinjauan studi lain, minum teh herbal ini bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata 7,58 mmHg dan 3,53 mmHg.

Berita Terkait

Berita Terkini