Info

Gampang, Begini Cara Bikin Protein Shake Bergizi, Dijamin Enak!

Protein shake bisa bantu kamu turunkan berat badan lho.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Smoothies. (unsplash)
Smoothies. (unsplash)

Himedik.com - Protein merupakan bagian penting dari pola makan sehat. Nutrisi ini bisa didapat dalam berbagai makanan, salah satunya protein shake.

Saat ini protein shake sudah menjadi minuman pilihan untuk menurunkan berat badan, selain berolahraga dan menjalani diet sehat.

''Untuk membuat smoothie protein yang sempurna, pastikan kamu memasukkan sumber karbohidrat misalnya buah atau gandum dan protein, misalnya bubuk protein atau yogurt yunani,” kata Elizabeth Hurley, RDD, seorang ahli diet terdaftar.

Ia menambahkan kamu harus mengonsumsi sekitar 20 gram protein untuk smoothie pra-atau pasca-olahraga, atau bahkan untuk sebagai camilan.

Sebagai referensi, yogurt Yunani dan paket keju cottage memiliki sekitar 20 gram protein per porsi, sementara bubuk protein memiliki 20 hingga 40 gram protein dalam satu sendok.

Shake. (unsplash)
Shake. (unsplash)

Secangkir buah akan menambah serat dan karbohidrat yang bisa memberi energi sekaligus meningkatkan rasa. Padukan dengan susu perah (8 gr protein per cangkir).

Jika kamu ingin mengonsumsinya sebelum olahraga, Hurley menyarankan agar tidak memasukkan sumber lemak.

''Tubuh kita mencerna lemak sedikit lebih lambat. Ini bisa membuat kamu merasa terlalu kenyang atau tidak nyaman selama olahraga.''

Hindari gula tambahan. ''Perhatikan sumber gula tambahan,'' kata Hurley. ''Pilih yogurt Yunani polos tanpa rasa dan baca label pada buah beku untuk memastikan tidak mengandung gula tambahan.

Jika kamu menggunakan susu alternatif seperti susu almond, pilihlah jenis yang tidak manis, dan jika kamu memilih bubuk protein daripada yogurt Yunani, coba temukan merek tanpa tambahan gula.

Lalu bagaimana cara membuat protein shake yang enak sekaligus bergizi?

1 porsi yogurt atau bubuk protein Yunani + 1 cangkir buah beku + susu secukupnya, kemudian blender.

Untuk buah, tinggal kamu atur sesuai seleramu dan sebaiknya pilih susu yang rendah lemak ya. Mudah, kan?

Berita Terkait

Berita Terkini