Info

Selain Suhu, Empat Kondisi Berikut Juga Membuat Tubuh Kedinginan

Salah satunya anemia.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi kedinginan. (pixabay/langll)
Ilustrasi kedinginan. (pixabay/langll)

Himedik.com - Musim hujan dan dingin identik dengan suhu rendah yang umumnya membuat seseorang selalu merasa kedinginan. Tak hanya itu, kondisi kesehatan tertentu rupanya juga membuat seseorang selalu merasa kedinginan lho. Berikut ulasannya.

1. Anemia

Anemia terjadi ketika seseorang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah, lemah, pusing, dan kehabisan napas.

Bahkan anemia juga bisa membuat penderita kedinginan, terutama di bagian tangan dan kaki. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami masalah ini.

2. Hipotiroid

Merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid di leher tidak menghasilkan cukup banyak hormon tiroid. Sehingga membuat penderita terlalu sensitif terhadap dingin, mengalami sakit sendi, sembelit, kulit kering, dan berat badan naik.

Ilustrasi kedinginan. (pixabay/silviarita)
Ilustrasi kedinginan. (pixabay/silviarita)

3. Penyakit ginjal

Kondisi ginjal yang tidak sehat dapat menurunkan suhu tubuh dan menyebabkan masalah lain. Penyakit ginjal juga terkait dengan anemia, yang dapat membuat penderita merasa dingin bahkan ketika suhu sedang panas.

4. Anorexia Nervosa

Gangguan makan ini membuat penderita mengurangi jumlah kalori secara ekstrem. Akibatnya tubuh menjadi sangat kurus. Hal tersebut berimbas pada kurangnya lemak tubuh yang dapat membuat penderita merasa dingin sepanjang waktu, terutama di tangan dan kaki.

Jadi, kalau kamu selalu merasa kedinginan bahkan ketika cuaca sedang terik segera periksakan ke dokter ya!

Berita Terkait

Berita Terkini