Info

Mendengar Lagu Galau Saat Patah Hati, Ternyata Ini Manfaatnya

Musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih menjadi favorit untuk didengarkan saat putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi mendengar lagu mellow. (pixabay)
Ilustrasi mendengar lagu mellow. (pixabay)

Himedik.com - Patah hati atau galau merupakan kondisi yang wajar dialami oleh setiap orang. Banyak hal yang menyebabkan, salah satunya adalah putus cinta.

Nah, di saat sedang galau-galaunya biasanya banyak yang melampiaskannya dengan mendengarkan lagu-lagu mellow. Namun, apakah benar lagu mellow jadi pilihan yang tepat untuk didengarkan saat kondisi mental sedang terpuruk?

Pakar musik, Kay Norton, dalam penelitiannya pada 2014 mengungkapkan bahwa musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih menjadi favorit untuk didengarkan saat putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan kita.

Mendengarkan lagu mellow tak hanya membuat kita larut dalam kesedihan, tapi juga menyingkirkan rasa sedih. Lewat lirik lagu sedih tersebut, kita bisa melampiaskan emosi.

“Musik memiliki bentuk yang sama dan juga aliran yang sama seperti emosi manusia. Jenis musik seperti ini bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat untuknya,” ujar Norton kepada Medical Daily.

Setelah mendengarkan lagu mellow, kita akan merasa lega. Rasa sukacita akan timbul saat merasa terhubung dengan lirik lagu tersebut dan bisa bebas berimajinasi.

Lebih baik diungkapkan daripada disimpan dalam hati

Menghilangkan rasa sedih atau galau dalam diri merupakan langkah penting dalam mengatasi stres. Justru bila tidak membiarkan emosi itu meluap kita akan menyimpan rasa sedih, sehingga memunculkan emosi negatif dan membuat perasaan kehilangan semakin besar.

Dua peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman juga memiliki persepsi yang sama dalam meneliti dampak mendengarkan lagu mellow atau galau pada diri seseorang. Berdasarkan survei mereka terhadap 770 orang yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE tahun 2014, mendengarkan lagu galau bisa membangkitkan emosi positif, seperti kedamaian dan kelembutan.

“Orang-orang mendengarkan lagu mellow untuk merasa nyaman dan menghadapi dengan perasaan galau, tapi beberapa juga hanya mendengarkannya untuk kesenangan,” ujar Liila Tarufii, salah satu peneliti tersebut.

Tarufii menambahkan, lagu mellow berpotensi untuk mengatur mood dan emosi negatif, serta memberikan hiburan. Artinya, lagu mellow bisa memainkan peran dalam kebahagiaan seseorang.

Playlist lagu. (pixabay)
Playlist lagu. (pixabay)

Jangan didengar terlalu lama

Meski mendengarkan lagu mellow bisa membuat perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan lagub bernuansa galau ini. Ketika sudah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih fun.

Pakar hubungan, Susan Winter, mengatakan bahwa mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Adele bisa membantu kita bangkit.

“Adele menyadari bahwa cinta merupakan hadiah yang bertahan lama. Tetapi juga lirik lagunya berisi ungkapan terima kasih dan harapan agar mantan pasangan kita berbahagia di hidupnya yang baru meskipun tanpa kita,” tandas Susan.

Tak hanya itu, berupaya merasakan hikmah dari kesedihan yang sedang dialami juga bisa membantu perasaan lebih tenang dan mudah beranjak ke babak baru.

Hellosehat/Satria Perdana

 

Artikel terkait dimuat Hellosehat dengan judul: Senang Mendengarkan Lagu Galau? Ternyata, Ini Manfaatnya

Berita Terkait

Berita Terkini