Info

Ini yang Akan Terjadi Jika Diabetes Tidak Segera Ditangani

Lihat komplikasinya di sini.

Dany Garjito | Yuliana Sere

Diabetes. (pixabay)
Diabetes. (pixabay)

Himedik.com - Mengabaikan penanganan diabetes dapat menyebabkan komplikasi. Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf yang meningkatkan risiko masalah kaki, disfungsi seksual dan sebagainya.

Beberapa masalah yang bisa dialami jika diabetes tidak ditangani telah dirangkum HiMedik dari laman medicaldaily.

1. Ketoasidosis diabetik

Ketika pasokan insulin tubuh menjadi terlalu rendah, seseorang dapat menghadapi komplikasi yang sangat serius yang disebut ketoasidosis diabetik atau DKA. Ini menyebabkan darah menjadi asam.

Ini biasanya dipicu oleh gula darah yang lama tidak terkontrol, obat-obatan yang tidak diminum atau penyakit berat dan infeksi.

2. Penyakit jantung

Risiko kematian akibat penyakit jantung meningkat dua kali lipat pada orang dewasa dengan diabetes, sebagaimana dicatat oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Seiring waktu, glukosa darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada dinding arteri. Akibatnya, zat seperti lemak dan kolesterol bisa menumpuk di sepanjang dinding.

Ketika itu mengeras dan mempersempit jalur arteri, zat itu dapat mengurangi aliran darah dan menyebabkan beberapa bentuk penyakit kardiovaskular.

Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

3. Masalah kaki

Infeksi kuku, bisul, atau kulit yang mengeras di area kaki merupakan dampak jika diabetes dibiarkan begitu saja. Selain itu, mati rasa juga sering terjadi dalam kondisi ini, akibat yang paling fatal adalah amputasi.

4. Disfungsi seksual

Kadar gula dapat meningkatkan risiko masalah ini. Misalnya, seorang pria akan berurusan dengan disfungsi ereksi sementara wanita akan mengalami masalah kekeringan Mrs V.

Komplikasi ini biasanya timbul dari kerusakan saraf atau pembuluh darah. Menurut Diabetes UK, pria dan wanita juga berisiko tertular infeksi jamur. Kadar gula yang tinggi dalam urin merupakan tempat yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang.

Itu tadi beberapa masalah yang bisa kamu alami jika diabetes tidak segera ditangani.

Berita Terkait

Berita Terkini