Info

Sr. Yosefine: Lansia Idola untuk Mengembalikan Peran Lansia

Selain untuk peringati HKN, RS Panti Rapih adakan Lansia Idola untuk kembalikan peran lansia.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Lansia Idola. (HiMedik/Citra)
Lansia Idola. (HiMedik/Citra)

Himedik.com - Tanggal 30 November dan 1 Desember RS Panti Rapih mengadakan acara Lansia Idola. Alasan acara ini diadakan adalah untuk memunculkan kembali peran lansia yang menghilang. Berikut petikan wawancara singkat dengan Direktur Pelayanan Keperawatan, Sr. Yosefine Kusuma Hastuti CB, MSN.

''Alasan Lansia Idola diadakan yaitu untuk berpihak pada yang berkesesakan. Ini juga menjadi salah satu misi RS dan lansia merupakan orang yang berkesesakan dan terisih serta perannya juga menghilang.

Nah, kita berpihak pada lansia untuk memunculkan perannya kembali sehingga itu bisa mengatasi permasalahan kesehatan.

Caranya kita mengajak untuk datang, dengan begitu dia sudah terlibat. Acaranya meyanyi sebagai bentuk aktualisasi diri, kegembiraan, yang mana merupakan wujud kesehatan yang diupayakan dari dalam diri pasien bukan dari obat.

Kita sediakan wadah yaitu dengan acara lansia idola ini. Sekaligus sebagai terobosan baru bahwa idol juga bisa diikuti oleh para lansia di atas umur 60 tahun.

Antusiasme acara ini cukup tinggi. Banyak peserta yang kita tolak dan hanya mengambil sebanyak 40 peserta. Lalu dieliminasi dan yang masuk grand final hanya 16 peserta. Yang paling muda berusia 60 dan paling tua 83 tahun.

Juri dan panitia dari pihak rumah sakit. Ini dilakukan secara profesional supaya adil dengan tidak mengesampingkan kebahagiaan.

Bahkan rencananya hanya ada juara 1, 2, 3 dan juara favorit. Tapi melihat banyak yang bagus akhirnya diputuskan ada tambahan juara favort 1 dan 2.

Kita sebagai tenaga kesehatan hanyalah fasilitator. Kesehatan sendiri itu ada dalam dari diri pasien.

Kita hanya menstimulasi, dia yang memunculkan peran, talenta, dan aktualisasi diri dengan menari menyanyi dan yang datang menikmati. Ini sesuai dengan moto RS Panti Rapih yaitu Sahabat untuk Hidup Sehat.

''Usai event ini, grup-grup lansia akan kita lanjutkan untuk dihibur atau menghibur, diberi suatu peran dan edukasi sesuai dengan geriatri yang diderita,'' kata Yosefine.

Sekadar informasi, geriatri merupakan kumpulan gejala atau masalah kesehatan yang sering dialami oleh lansia akibat berbagai penurunan fungsi tubuh dan kejiwaan, sosial-ekonomi, serta perubahan drastis pada lingkungan sekitar.

''Sedangkan untuk kegiatan mingguan rumah sakit yaitu mengajak orang sepuh untuk menyanyi atau voluntering. Namun, sekarang kita fokus mengajak para lansia berkumpul untuk bisa mengaktualisasikan talenta yang dia punya untuk menghibur orang lain termasuk keluarga,'' tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini