Info

Wajib Coba nih, 6 Makanan yang Bikin Tetap Fit Saat Musim Hujan

Salah satunya jahe, karena jahe yang hangat bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi turun hujan. (pixabay)
Ilustrasi turun hujan. (pixabay)

Himedik.com - Saat musim hujan tiba, biasanya tubuh akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, ada baiknya melindungi diri dengan berbagai asupan yang bergizi.

Melansir dari Stylecraze, berikut enam makanan yang disarankan dikonsumsi saat musim hujan.

1. Jahe

Jahe hangat sangat cocok untuk dikonsumsi karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh, terutama saat hujan. Minumlah bersama teh atau bersama dengan air hangat dan lemon. Selain itu, juga bisa dicampur dengan madu.

2. Bawang putih

Bawang putih. (iStockphoto)
Bawang putih. (iStockphoto)

Bawang putih kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan imun tubuh. Bumbu dapur ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan.

Jangan dikonsumsi mentah-mentah, dijamin tak akan doyan. Carilah cara yang paling enak untuk mengonsumsinya, misalnya pada sup panas.

3. Kunyit

Rempah-rempah berwarna kuning keemasan ini merupakan penguat imunitas yang baik. Kunyit  juga bisa menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Atau bisa mengonsuminya dengan segelas susu dengan setengah sendok teh susu dan satu sendok madu.

4. Pir

Selain sumber serat yang baik, pir mengandung vitamin C, serta vitamin B12. Selain itu, buah ini adalah antipiretik alami yang membantu mendinginkan tubuh saat demam.

5. Almond

Almond/unsplash
Kacang almond. (unsplash)

Jenis kacang-kacangan ini merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak. Almond mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga kadar gula tetap terkendali.

6. Lada hitam

Lada hitam cocok dikonsumsi dalam sup atau dalam bentuk makanan lain. Karena lada hitam mampu menangkal demam, batuk, pilek, nyeri otot, flu, dan berbagai masalah pernapasan.

Berita Terkait

Berita Terkini