Info

Tangan Sering Berkeringat saat Gugup? Inilah Penyebabnya

Telapak tangan berkeringat adalah hal yang normal.

Rauhanda Riyantama

Telapak tangan. (pixabay)
Telapak tangan. (pixabay)

Himedik.com - Pernahkan telapak tanganmu berkeringat saat sedang gugup? Jika iya, maka inilah penyebabnya.

Sebelum masuk pembahasan, telapak tangan berkeringat adalah hal yang normal. Terutama saat berada dalam kondisi yang menegangkan atau menakutkan.

Sebab keringat yang keluar berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh. Misalnya setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya.

Seperti dikutip dari The Huffington Post, otak tak bisa membedakan antara stres karena dikejar harimau atau melakukan presentasi di depan atasan. ''Tubuh meresponsnya dengan cara yang sama, yaitu mengeluarkan keringat,'' kata Darria Long Gillespie, profesor klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Tennesse. 

Sedangkan menurut Marlyanne Pol-Rodriguez, seorang ahli dermatologi di Stanford Health Care, keringat dapat dirangsang oleh sistem saraf simpatetik. Saraf ini bertanggung jawab dalam respons fight or flight yang membantu kita lebih aktif ketika dalam kondisi tertekan.

Lantas, mengapa telapak tangan berkeringat saat sedang gugup? Marlyanne menambahkan, respons seperti ini ada kaitannya dengan cara hidup orang zaman prasejarah. 

Menurutnya, sejak zaman prasejarah orang-orang terkonsentrasi dengan keringat karena kelembaban pada telapak tangan dianggap mampu meningkatkan cengkeraman.

Menurutnya, dalam situasi gugup atau stres akan lebih sering muncul keringat di telapak tangan. Hal ini karena adanya konsentrasi kelenjar keringat yang lebih banyak dibandingkan di beberapa anggota tubuh.

''Berkeringat cenderung dikendalikan oleh hipotalamus di otak. Menandakan dan menerjemahkan emosi yang meningkat,'' ungkapnya.

Itulah alasan mengapa telapak tangan berkeringat ketika berada dalam kondisi gugup. Semoga menjawab ya!

 

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Menurut Ahli, Ini Alasan Telapak Tangan Berkeringat Saat Gugup

Berita Terkait

Berita Terkini