Info

Enam Cara Mudah Aktif Bergerak di Kantor

Karena kelamaan duduk bisa bikin kamu tidak produktif.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi ruang kantor (officeartdesign)
Ilustrasi ruang kantor (officeartdesign)

Himedik.com - Bekerja di kantor menuntut kita seharian harus duduk di depan laptop. Kenyataannya, duduk yang terlalu lama bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Misalnya penyakit kardiovaskuler, diabetes tipe 2, obesitas, dan kanker. Satu-satunya cara untuk mengurangi duduk yang terlalu lama adalah dengan mulai aktif bergerak.

Periset di Universitas of Warwick mengatakan, untuk mengalahkan efek-efek yang kita alami, maka kita harus berdiri selama tujuh hingga delapan jam. Cara lain adalah dengan berjalan kaki sejauh 11 kilometer.

Nah, jika saran tersebut dirasa berat. Ada cara lain untuk menggantikan saran dari peneliti tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika di kantor biar aktif bergerak.

1. Kerja dengan meja berdiri

Jika di kantor tidak menyediakan meja berdiri, maka kamu harus secara sadar berdiri setelah duduk 30 menit. Ini agar peredaran menjadi lancar sehingga tidak mengalami keram atau nyeri pada kaki.

2. Jalan atau lakukan peregangan setidaknya 3 - 4 menit

Saat mulai terasa capai, kamu mungkin bisa mengambil air atau membuat kopi atau teh. Berjalan kecil ini juga baik untuk peredaran darah lho.

Manfaat menggunakan meja berdiri. (rostur.org)
Manfaat menggunakan meja berdiri. (rostur.org)

 

3. Beli makan siang dengan berjalan

Beli makan siang dengan berjalan bisa jadi ide bagus. Ajak rekan sekantor, bisa jadi ini membuat hubungan pertemanan kalian semakin dekat.

4. Hampiri teman sekantor daripada melalui chatting

Nah, ini juga bisa efektif lho. Lumayan bisa berjalan beberapa langkah ke mejanya.

5. Pilih kamar mandi di lantai yang berbeda

Ide ini terlihat cukup menarik. Jika tidak kebelet, cobalah untuk pergi ke toilet yang berada di lantai tempatmu bekerja.

6. Goyang-goyangkan kaki atau putar pergelangan kaki sementara bekerja

Ini efektif untuk mencegah keram dan meningkatkan sirkulasi.

Beberapa teknik di atas dapat kamu pakai. Aktif bergerak di kantor juga bisa bikin kamu tak mudah jenuh dengan pekerjaanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini