Info

Lima Makanan yang Membantu Jantung Tetap Sehat

Salah satunya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Olahan edamame. (pixabay/Siochina)
Olahan edamame. (pixabay/Siochina)

Himedik.com - Jantung merupakan satu dari sekian organ yang menjalankan fungsi penting dalam tubuh. Jantung yang sehat tentu akan membuat peredaran darah lancar sehingga tidak menimbulkan berbagai macam penyakit, misalnya serangan jantung dan sebagainya.

Untuk mendapatkan jantung yang sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya olahraga, diet sehat serta istirahat yang cukup. Selain itu, lima makanan berikut juga bisa bantu sehatkan jantung.

1. Tanaman herba

Tanaman herba menguatkan cita rasa makanan tanpa memberikan pengaruh buruk seperti garam. Selain itu mereka juga menyehatkan jantung.

2. Salmon

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung adalah yang kaya akan omega-3. Omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah.

Senyawa tersebut juga dapat menurunkan trigliserida dan mengontrol peradangan. Bahkan The American Heart Association merekomendasikan mengonsumsi dua porsi ikan salmon atau ikan berlemak lainnya setiap minggu.

Olahan salmon. (pixabay/cattalin)
Olahan salmon. (pixabay/cattalin)

 

3. Anggur merah

Jika kamu minum alkohol, sedikit anggur merah mungkin pilihan yang sehat untuk jantung. Resveratrol dan katekin, dua antioksidan yang terdapat dalam anggur merah, dapat melindungi dinding arteri.

Alkohol juga dapat meningkatkan HDL yaitu kolesterol baik. Namun, batasi konsumsinya karena terlalu banyak minum alkohol dapat mengganggu kesehatan jantung.

4. Kedelai hitam

Kedelai hitam yang lembut dikemas dengan nutrisi yang menyehatkan jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sedangkan serat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Namun, jika kamu mendapatkannya dari produk kalengan, sebaiknya cuci dulu dengan air bersih untuk menghilangkan garam yang berlebih.

5. Edamame

Edamame merupakan sebutan untuk kacang kedelai di Jepang. Di dalamnya mengandung protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam secangkir edamame mengandung serat sebanyak 8 gram yang juga menyehatkan jantung.

Itulah lima makanan yang menyehatkan jantung. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini