Info

Timothy Ray Brown, Satu-satunya ODHA yang Sembuh dari Virus HIV

Para peneliti berasumsi bahwa virus HIV hilang karena pengobatan kankernya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi HIV. (pixabay/typographyimages)
Ilustrasi HIV. (pixabay/typographyimages)

Himedik.com - HIV merupakan virus yang menyebabkan penyakit AIDS dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Akibatnya sistem imun akan menurun secara drastis dan memungkinan virus atau bakteri lain menyerang tubuh.

Sedangkan AIDS merupakan kondisi terparah dari penyakit HIV yang ditandai dengan munculnya penyakit lain seperti berbagai infeksi hingga kanker.

Hingga saat ini belum ada obat HIV dan AIDS. Hanya ada obat yang membantu memperlambat perkembangan penyakit. Seseorang yang terinfensi HIV akan memilikinya seumur hidup.

Namun, mukjizat datang pada Timothy Ray Brown. Ia adalah satu-satunya ODHA (orang dengan HIV AIDS) yang berhasil sembuh dari HIV.

Dilansir dari laman IFL Science, Brown didiagnosa HIV pada tahun 1995. Selama masa penyembuhan, ia telah melakukan beragam pengobatan dalam kurun waktu 11 tahun lamanya.

Hingga akhirnya Brown menderita penyakit lain yang tak kalah ganas yaitu leukemia. Leukemia adalah salah satu jenis kanker yang menyerang sel darah putih.

Brown lantas mendapat pengobatan tambahan berupa kemoterapi untuk melawan sel kanker tersebut. Tak memberi perubahan berarti, tim dokter melakukan pengobatan lain yaitu transplantasi sumsum tulang belakang.

Pengobatan itu sukses menyembuhkan kankernya. Tapi menariknya, virus HIV dalam tubuh Brown juga lenyap seketika. Entah bagaimana itu bisa terjadi, tapi para peneliti menarik tiga kesimpulan untuk menjelaskan kemungkinan virus HIV hilang.

1. Donor sumsum tulang belakang yang didapatkan Brown mengalami mutasi genetik langka sehingga menyebabkan virus HIV masuk ke dalam sel darah putih.

2. Sistem imun tubuhnya telah hancur akibat radiasi kemoterapi dan secara tidak langsung membunuh semua sel tubuh yang terinfeksi HIV.

3. Sel yang ditransplantasi bermutasi menyerang sel-sel lama dan menghancurkan semua sel yang terinfeksi virus HIV.

Namun, para peneliti lebih menitikberatkan pada kemungkinan nomor tiga. Hingga saat ini Brown adalah satu-satunya ODHA yang dinyatakan sembuh (bersih) dari virus HIV.

Berita Terkait

Berita Terkini