Info

Rajin Lakukan Sauna, Ini Manfaat Kesehatan Yang Bisa Kamu Dapat

Sudah masuk musim hujan, nggak ada salahnya coba sauna, kan?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Rajin Lakukan Sauna, Ini Manfaat Kesehatan Yang Bisa Kamu Dapat. (unsplash/@Estonian Saunas)
Rajin Lakukan Sauna, Ini Manfaat Kesehatan Yang Bisa Kamu Dapat. (unsplash/@Estonian Saunas)

Himedik.com - Memasuki musim hujan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sauna. Selain bisa menghangatkan diri, kamu pun bisa mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan.

''Sauna tidak berkontribusi terhadap penurunan berat badan yang berkelanjutan,'' ungkap Jessica Schnur, asisten profesor bedah di Stony Brook University Hospital.

Namun, ini tidak berarti bahwa sauna tidak memiliki manfaat. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara penggunaan sauna dan penurunan risiko masalah jantung pada pria. Pekan lalu, sebuah studi dari Finlandia mampu menemukan hubungan ini pada wanita juga.

Panas dari sauna dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dengan meningkatkan denyut jantung dan pelebaran pembuluh darah.

Peningkatan sirkulasi dalam tubuh juga dapat memberikan bantuan kepada mereka yang mengalami nyeri otot dan bahkan sakit kepala.

Manfaat sauna bagi pria. (g.spa)
Manfaat sauna bagi pria. (g.spa)

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa rasa sakit juga berkurang pada pasien yang menderita kondisi kronis seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan fibromyalgia.

Peneliti dari Universitas Auburn di Alabama menyarankan bahwa panas dapat membuat otot kita lebih lentur. Dengan kata lain, kamu akan merasa adanya perbedaan penting jika melakukan peregangan setelah menghabiskan hanya 15 menit di sauna.

Para ahli juga menambahkan sauna bisa merilekskan pikiran yang membuat kita lebih santai.

''Sauna itu hangat, tenang dan tertutup, sehingga membuat kamu merasa aman dan santai," kata Kathryn Smerling, seorang terapis yang tinggal di New York City.

Namun harus diingat, ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu dilakukan.

Mereka yang memiliki kondisi medis seperti tekanan darah rendah dan penyakit ginjal harus berbicara dengan dokter sebelum mencoba sesi sauna. Ini juga dapat menimbulkan risiko bagi wanita hamil dan orang yang mengonsumsi alkohol.

Berita Terkait

Berita Terkini