Info

Edamame, Kacang Kedelai dari Jepang yang Kaya Manfaat

Salah satunya dapat menurunkan risiko kanker

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Olahan edamame. (pixabay/Siochina)
Olahan edamame. (pixabay/Siochina)

Himedik.com - Akhir-akhir ini nampaknya edamame sedang naik daun. Mulai dari menu sajian restoran hingga dijual dalam kemasan siap makan.

Edamame mirip dengan kacang kedelai. Tak jarang orang Indonesia menyebutnya sebagai kacang kedelai dari Jepang. Namun, sebenarnya kacang ini berasal dari Tiongkok.

Edamame kaya akan protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam secangkir edamame mengandung serat sebanyak 8 gram yang juga menyehatkan jantung.

Namun, selali menyehatkan jantung, kacang Jepang ini juga memiliki beragam mangfaat lain lho. Berikut telah dirangkum tiga manfaat edamame.

1. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan

Telah disinggung di atas bahwa dalam secangkir edamame mengandung serat sebanyak 8 gram. Tentunya ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

Terutama bagi kamu yang sedang menjalai program diet, dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti edamame dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Edamame (pixabay)
Edamame (pixabay)

2. Meningkatkan sistem imun

Tak hanya tinggi protein dan serat, edamame juga mengandung vitamin dan antioksidan tinggi yang semuanya bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menurunkan risiko kanker

Konsumsi edamame dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Hal ini karena edamame mengandung isoflavin yaitu senyawa yang berperan meningkatkan sistem imun tubuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker.

Itulah tiga manfaat edamame untuk kesehatan. Tertarik mencobanya?

Berita Terkait

Berita Terkini