Info

Berikut Empat Makanan Kaya Potasium Selain Pisang

Kandungan potasium dalam semangka dan alpukat tak kalah tinggi kok.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pisang. (pixabay/jgzelaya)
Pisang. (pixabay/jgzelaya)

Himedik.com - Potasium merupakan salah satu jenis elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbang cairan tubuh. Potasium juga berperan dalam membangun protein, membentuk otot, memecah dan memanfaatkan karbohidrat, menjaga pertumbuhan tubuh, mengontrol keseimbangan asam-basa, serta aktivitas listrik di jantung dan saraf.

Mineral yang disebut juga dengan kalium ini terdapat banyak dalam buah pisang. Namun, ternyata beberapa buah di bawah ini juga kaya akan potasium.

1. Alpukat

Tak perlu makan banyak alpukat, bahkan jika kamu hanya memakan sebagian buah, itu sudah memberi dosis potasium yang baik, bersama dengan vitamin A, C, dan E. Alpukat juga dilengkapi dengan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Bayam

Tak hanya potasium, daun hijau ini juga mengandung magnesium, zat besi, serat, dan vitamin C. Selain itu, bayam juga rendah kalori, gula, dan lemak.

Bayam. (pixabay/ponce_photography)
Bayam. (pixabay/ponce_photography)

 

3. Kwaci

Kwaci atau biji bunga matahari merupakan makanan ringan yang disukai banyak orang. Meski kecil kwaci dilengkapi dengan protein dan vitamin B. Namun, pastikan untuk mengonsumsi yang tanpa tambahan garam garam.

4. Semangka

Tidak ada yang lebih baik di tengah hari musim panas yang terik selain menyantap buah semangka. Pasalnya sebagian besar buah ini terdiri dari air, sehingga membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain kaya potasium, semangka juga mengandung likopen yang membantu melawan peradangan.

Itulah empat makanan kaya potasium. Bagi kamu yang kurang suka pisang, disarankan konsumsi makanan di atas supaya kebutuhan nutrisi terutama potasium tercukupi dengan baik.

Berita Terkait

Berita Terkini