Info

Semarakkan Hari Perkebunan Nasional ke-61 dengan Berkebun, Yuk!

Berkebun bermanfaat bagi kesehatan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi berkebun. (pixabay)
Ilustrasi berkebun. (pixabay)

Himedik.com - Selain diperingati sebagai Hari HAM sedunia, kamu tahu tidak kalau tanggal 10 Desember juga merupakan Hari Perkebunan Nasional?

Dilansir dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, peringatan hari perkebunan dimaknai untuk membangkitkan kesadaran bersama membangun sektor perkebunan Indonesia. Tujuannya adalah:

1. Tumbuh dan berkembangnya semangat membangun perkebunan Indonesia

2. Kesadaran seluruh stakeholder pusat dan daerah dalam peningkatan nilai tambah produk perkebunan yang berorientasi ramah lingkungan

3. Membangun momentum positif bagi seluruh insan perkebunan

4. Menciptakan generasi baru perkebunan yang sadar teknologi untuk lebih menguatkan jejaring perkebunan dalam peningkatan pembangunan perekonomian negara.

Terlepas dari hal itu berkebun sendiri berkaitan erat dengan kelangsungan hidup manusia. Dari kegiatan berkebun, tanaman-tanaman yang tumbuh akan menjadi penyedia oksigen dan udara bersih yang dibutuhkan manusia.

Ilustrasi berkebun. (pixabay)
Ilustrasi berkebun. (pixabay)

Selain itu, berkebun juga dapat menghilangkan stres. Melihat pohon yang sedang berbuah, berbunga, atau bahkan tumbuh bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga stres berkurang.

Jadi, jangan anggap sepele kegiatan berkebun ya karena hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Caranya cukup dengan berkebun di rumah.

Tak perlu halaman yang luas, pekarangan di depan rumah sudah lebih dari cukup. Kamu bisa menggunakan pot atau berkebun hidroponik untuk mengehemat tempat. Mudah bukan? Yuk, berkebun.

Berita Terkait

Berita Terkini