Info

Makanan Sehat Untuk Mengontrol Gula Darah

Simak ulasannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Sayuran. (pixabay/sponchia)
Sayuran. (pixabay/sponchia)

Himedik.com - Jika kamu menderita diabetes, pola makan yang sehat untuk kamu tidak jauh berbeda dari pola makan mereka yang tidak menderita diabetes.

American Diabetes Association (ADA) menggemakan pedoman diet yang direkomendasikan untuk masyarakat umum - yaitu, diet yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong (kacang polong dan kacang-kacangan), dan produk susu rendah lemak.

Namun, kamu harus memberi perhatian khusus pada asupan karbohidratmu. Sayuran, buah, dan biji-bijian menyediakan lebih banyak nutrisi per kalori daripada karbohidrat olahan dan cenderung kaya serat.

Tubuh mencerna makanan tinggi serat lebih lambat - yang berarti peningkatan gula darah yang lebih moderat.

ilustrasi buah-buahan masam (matanaga)
ilustrasi buah-buahan masam. (pinterest)

Bagi kebanyakan orang dengan diabetes, karbohidrat harus mencapai sekitar 45% hingga 55% dari total kalori yang kamu makan setiap hari.

Pilih karbohidrat dengan bijak - idealnya, dari sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Hindari karbohidrat olahan tinggi seperti roti putih, pasta, dan nasi, serta permen, minuman ringan bergula, dan manisan.

Karbohidrat olahan cenderung menyebabkan lonjakan tajam dalam gula darah, dan bahkan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan kolesterol HDL yang bermanfaat.

Serat datang dalam dua bentuk, serat tidak larut yaitu jenis yang ditemukan dalam biji-bijian, dan serat larut, ditemukan dalam kacang, kacang polong kering, oat, dan buah-buahan.

Serat larut khususnya muncul untuk menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yang mungkin berarti kamu memerlukan lebih sedikit obat diabetes.

Berita Terkait

Berita Terkini