Pria

Terpampang Nyata, Ini Manfaat Kumpul Keluarga Seperti Jokowi

Jokowi turut mengajak istrinya Ibu Iriana, kedua anak dan menantunya, serta tak ketinggalan kedua cucunya Jan Ethes dan Sedah Mirah untuk jalan-jalan pagi.

Rauhanda Riyantama

Momen liburan Jokowi dan keluarga di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12). (ANTARA via Suara.com/ Wahyu Saputro)
Momen liburan Jokowi dan keluarga di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12). (ANTARA via Suara.com/ Wahyu Saputro)

Himedik.com - Pada akhir pekan kemarin, Sabtu (2/12/2018), Presiden Joko Widodo berkesempatan berkumpul dan jalan-jalan pagi dengan keluarganya di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Jokowi turut mengajak istrinya Ibu Iriana, kedua anak dan menantunya, serta tak ketinggalan kedua cucunya Jan Ethes dan Sedah Mirah.

Namun sayang, anak bungsunya Kaesang Pangarep tampak tak hadir dalam momen romantis tersebut. Diketahui Kaesang sedang berada di luar kota untuk urusan bisnisnya.

Meski hanya sekedar jalan-jalan, kebersamaan mereka terlihat sangat hangat dan penuh kebahagiaan. Namun tak hanya itu saja, dalam kacamata medis berkumpul keluarga juga memberikan manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. 

Penasaran? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Mengurangi dan mencegah stres

Pekerjaan dan rutinitas sehari-hari tentunya membosankan serta membuat mood kerap jadi buruk. Bercanda tawa bersama orang yang dikasihi tentu saja dapat memperbaiki bad mood.

Tertawa mencegah berkembangnya hormon penyebab stres dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh. Lebih banyak tersenyum dan tertawa membuat kamu jauh lebih sehat.

Momen liburan Jokowi dan keluarga di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12). (ANTARA via Suara.com/ Wahyu Saputro)
Momen liburan Jokowi dan keluarga di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12). (ANTARA via Suara.com/ Wahyu Saputro)

 

2. Meningkatkan keharmonisan keluarga

Kesibukan orangtua dan anak terkadang membuat hubungan jadi renggang. Dengan menyempatkan waktu bersama, ini jadi ajang kembali meningkatkan keharmonisan keluarga. Anak bisa bercerita tentang kesibukan mereka, begitu juga orangtua bisa menceritakan hal yang sedang disukai.

3. Mencegah penyakit jantung

Sedikit yang tahu bahwa tertawa saat berkumpul dengan keluarga melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Selain itu, menurut penelitian, bahagia dan emosi yang positif bisa mempengaruhi kondisi seseorang, dan hasilnya tubuh menjadi lebih sehat. 

Selain itu, keceriaan yang diberikan keluarga bisa menurunkan risiko terkena stroke. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh yang rileks.

Itulah tiga manfaat berkumpul bersama keluarga seperti yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Mulai sekarang sering-seringlah berkumpul dengan keluarga, biar hidup makin sehat dan tenang.

Berita Terkait

Berita Terkini