Info

Enam Deretan Seleb yang Pernah Mengalami Gangguan Kecemasan

Bahkan ada yang sampai bikin buku untuk mengatasi gangguan kecemasan yang dialami.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Adele. (IG/adele)
Adele. (IG/adele)

Himedik.com - Gangguan kecemasan atau anxiety disorder merupakan gangguan psikologis yang disebabkan oleh adanya pikiran atau perasaan yang terlalu khawatir mengenai masa depan. Rasa cemas biasanya ditandai dengan gemetar, jantung berdetak kencang, dan lain sebagainya.

Namun, secara ilmiah rasa cemas ini bisa dikatakan sebagai respons biologis pertanda bahwa kita paham akan adanya ancaman atau bahaya dan kecemasan sendiri merupakan hal alami yang bisa terjadi pada siapa saja termasuk kalangan para artis berikut ini.

1. Oprah Winfrey

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2013, Winfrey mengatakan bahwa kecemasan hampir menyebabkannya mengalami gangguan saraf.

''Pada awalnya, itu hanya semacam deg-degan dan mati rasa yang beralih dari satu hal ke hal berikutnya ke hal berikutnya,'' ungkapnya.

''Saya akan beri tahu kalian ketika akhirnya aku menyadari dan berpikir, baiklah, jika saya tidak tenang, saya akan berada dalam masalah serius.''

2. Kristen Stewart

Pemeran Bella Swan di Film Twilight ini memiliki serangan panik saat masih muda dan dia khawatir hal itu akan kembali. Namun, dalam sebuah wawancara pada tahun 2016 Kristen mengatakan bahwa dia mampu menjaga kecemasannya.

''Saya jelas berharap semua yang terjadi saat ini akan membuahkan hasil, tetapi saya yakin bahwa hidup itu baik dan saya akan baik-baik saja apa pun yang terjadi.''

Kristen Stewart. (IG/kristenstewart.it)
Kristen Stewart. (IG/kristenstewart.it)

3. Ellie Goulding

Ketika ia mengalami serangan panik, penyanyi sekaligus penulis lagu ini akan menutupi wajahnya dengan bantal agar tidak terlihat di depan umum.

''Aku pikir bagian dari apa yang memicu serangan panikku adalah tidak merasa cukup percaya diri untuk percaya pada diri sendiri, aku takut aku tidak sebagus penyanyi seperti yang semua orang pikirkan tentangku,'' tuturnya dalam sebuah tulisan singkat.

4. Adele

Cemas saat tur konser musik merupakan masalah yang dialami penyanyi satu ini.

''Aku takut pada penonton,'' ungkapnya dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

''Saat tampil di Amsterdam, aku sangat gugup, aku melarikan diri melalui pintu keluar darurat. Aku harus menanggungnya, tapi aku tidak suka tur. Aku mengalami banyak sekali serangan kecemasan.''

5. Emma Stone

Saat masih kecil, serangan panik yang dialami oleh bintang film La La Land ini begitu kuat. Bahkan ia menulis bukunya sendiri berjudul 'I Am Bigger Than My Anxiety' untuk mengatasinya.

''Ketika aku berusia sekitar 7 tahun, aku yakin rumah itu terbakar. Aku bisa merasakannya,'' ungkapnya dalam wawancara dengan Rolling Stone.

''Bukan halusinasi, dadaku terasa sesak, aku merasa tidak bisa bernafas, seperti dunia akan berakhir. Terkadang aku merasa seperti itu, tapi kecemasanku tidak berubah.''

Emma Stone. (IG/emilystonestan)
Emma Stone. (IG/emilystonestan)

6. Miley Cyrus

Penyanyi satu ini mengalami gangguan kecemasan saat akan tampil yang dimulai pada awal kariernya dan menyebabkannya membatalkan beberapa pertunjukan.

''Kemudian kecemasan mulai datang dari kecemasan,'' katanya.

''Aku akan bersama teman-temanku dan seharusnya aku bersenang-senang. Kamu sudah masuk ke lubang ini dan sepertinya kamu tidak akan pernah bisa keluar.''

Wah ternyata di balik penampilan yang memesona, mereka mengalami gangguan kecemasan yang cukup parah ya. Kita doakan semoga mereka baik-baik saja dengan kariernya.

Berita Terkait

Berita Terkini