Info

Makin Tua, Kamu Butuh 5 Nutrisi Ini Lebih Banyak dari Sebelumnya

Wanita lansia di atas 50 tahun setidaknya perlu asupan kalsium 20 persen lebih banyak dari usia lainnya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sayuran/unsplash
Sayuran/unsplash

Himedik.com - Seiring bertambahnya usia, kamu akan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan jaringan serta organ tubuh. Seperti halnya tulang yang tak akan sekuat dulu ketika kamu masih muda.

Berikut telah dirangkum beberapa nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak dari sebelumnya seiring bertambahnya usia.

1. Kalsium

Kalsium membantu saraf, otot, sel, dan pembuluh darah bekerja dengan baik. Wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun setidaknya harus mendapat asupan kalsium sekitar 20 persen lebih banyak dari usia lainnya.

2. Vitamin D

Bersama dengan kalsium, vitamin D dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya menyerang di usia tua. Nutrisi ini bisa diperoleh dari sinar matahari atau makanan seperti susu.

3. Magnesium

Magnesium membantu tubuh dalah hal produksi protein dan pembentukan tulang. Kamu dapat mendapatkan nutrisi ini dari sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Berbagai jenis kacang. (pixabay/ExploreBob)
Berbagai jenis kacang. (pixabay/ExploreBob)

4. Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial ini sangat penting untuk kesehatan otak, mata, dan sel sperma. Selain itu, omega-3 juga dapat membantu melindungi diri dari penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan, arthritis, dan alzheimer.

5. Serat

Seiring bertambahnya usia, peran serat menjadi lebih penting dari biasanya. Nutrisi ini membantu melancarkan BAB, menurunkan kolesterol dan gula darah, serta mencegah stroke.

Itulah lima nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak ketika usiamu bertambah. Sebenarnya tak hanya nutrisi di atas, beberapa nutrisi lain seperti vitamin B12, B6, folat, seng, probiotik, selenium, dan kalium juga dibutuhkan lebih banyak.

Berita Terkait

Berita Terkini