Info

Keren, Kini Tes Kanker Bisa Dideteksi Lebih Cepat

Meski telah terbukti akurat, tapi uji klinis masih perlu dilakukan sebelum diterapkan pada pasien.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kanker. (pixabay)
Kanker. (pixabay)

Himedik.com - Kanker merupakan penyakit kronis, timbul dari pertumbuhan sel yang abnormal dan deteksinya butuh waktu cukup lama. Bahkan di Indonesia, sebanyak 70 persen kanker yang umum dijumpai (payudara, prostat, dan lain-lain) terdeteksi pada stadium lanjut.

Hal itu jelas menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker masih rendah. Umumnya, masyarakat baru pergi ke dokter jika ada keluhan, bahkan ada yang sudah memiliki keluhan malah takut untuk check up dengan alasan takut.

Padahal jika kanker bisa dideteksi sejak dini maka penyembuhan bisa segera dilakukan dan meningkatkan ketahanan hidup penderita. Biaya penyembuhan pun juga semakin ringan.

Deteksi dini kanker bisa dilakukan dengan cara skrinning. Namun, baru-baru ini peneliti telah mengembangkan tes cepat untuk kanker. Hanya dalam waktu 10 menit, tes tersebut bisa mendeteksi di mana saja sel kanker berada dalam tubuh.

Ilustrasi tes kanker. (pixabay)
Ilustrasi tes kanker. (pixabay)

Menurut laporan CNN, tim peneliti di University of Queensland, Australia, membuat tes setelah menemukan bahwa kanker membentuk struktur DNA yang unik ketika ditempatkan dalam air.

Mereka melakukan tes pada lebih dari 200 jaringan dan sampel darah dan menemukan bahwa tes tersebut menghasilkan keakuratan hingga 90 persen dalam mendeteksi sel kanker.

Menurut penulis penelitian dalam majalah Nature Communications edisi 4 Desember, tes portabel yang murah ini dapat membantu mendeteksi kanker jauh lebih cepat daripada metode saat ini.

Tes dapat mendeteksi kanker payudara, prostat, usus dan limfoma. Tetapi para peneliti percaya bahwa tes tersebut juga dapat mendeteksi jenis kanker lainnya.

Meski demikian, uji klinis besar perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum tes dapat diterapkan pada pasien.

Berita Terkait

Berita Terkini