Info

Ini Aturan yang Tepat Gunakan Minyak Goreng

Menggunakan minyak goreng hingga berubah warna menjadi coklat hingga hitam pekat berisiko untuk kesehatan.

Rauhanda Riyantama

Minyak goreng. (pixabay)
Minyak goreng. (pixabay)

Himedik.com - Karena alasan berhemat, terkadang kita sering menggunakan minyak goreng secara berulang kali. Meski kita tahu bahwa hal itu dapat mengancam kesehatan.

Merangkum dari laman boldsky, menggunakan minyak goreng hingga berubah warna menjadi coklat hingga hitam pekat berisiko untuk kesehatan. Sebab minyak goreng yang terlalu pekat mengandung lemak jenuh lebih banyak.

Selain itu, sangat memungkinkan minya menjadi tempat tumbuhnya bakteri, virus, maupun penyakit berbahaya. Menurut para ahli, menggunakan minyak goreng berulang kali dapat memicu penyakit kanker, tumor, dan penyakit degeneratif lainnya.

Minyak zaitun. (shutterstock)
Minyak zaitun. (shutterstock)

Penelitian lain yang dilakukan para ilmuwan di United State Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa minyak yang terlah berubah warba, aroma, dan rasa telah mengandung berbagai senyawa yang berbahaya untuk tubuh. 

Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan sebaiknya menggunakan minyak goreng tidak lebih dari tiga kali. Setelah tiga kali digunakan atau sudah ada tanda minyak berubah warna dan aroma, sebaiknya minyak dibuang atau dimanfaatkan pada hal lainnya.

Semoga bermanfaat ya moms!

Berita Terkait

Berita Terkini