Info

Tiga Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Bisa Dicoba nih

Menurut sebuah penelitan memiliki hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi bermain bersama hewan peliharaan. (pixabay)
Ilustrasi bermain bersama hewan peliharaan. (pixabay)

Himedik.com - Bagi sebagian orang memiliki hewan peliharaan di rumah menjadi satu kerepotan tersendiri. Karena harus merawat, memberi makan, dan belum lagi jika hewan itu sakit.

Nah, jika kamu salah satu yang merasa keropotan coba pertimbangkan lagi. Sebab, menurut sebuah penelitan memiliki hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan, baik secara fisik, emosional, maupun mental.

Penasaran, apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Menurunkan tingkat stres

Tidak ada yang cukup menenangkan seperti mendapat kelembutan dari menggaruk bagian atas kepala kucing sampai dia tertidur. Kontak fisik semacam ini, ternyata bisa memiliki efek yang cukup positif pada kondisi mental seseorang.

2. Melatih kekuatan fisik

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health mengamati kebiasaan gaya hidup lebih dari 40.000 orang dewasa untuk menentukan hubungan antara menjadi pemilik hewan dan seberapa banyak mereka terlibat dalam aktivitas fisik (khususnya berjalan kaki).

Rupanya, dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa memelihara anjing ternyata cukup membantu aktivitas fisik bagi mereka yang kurang aktif.

Lari bersama anjing dalam melatih kekuatan fisik. (pixabay)
Lari bersama anjing dalam melatih kekuatan fisik. (pixabay)

3. Melatih manajemen waktu

Menurut survei online terhadap 857 orang Amerika yang dilakukan oleh Rumah Sakit Banfield Pet dan Kelton Research, memiliki hewan peliharaan dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan profesional seseorang.

Dilansir dari Elite Daily, hasil survei itu menunjukkan bahwa 86 persen pemilik hewan peliharaan mengatakan mereka memiliki manajemen waktu dan keterampilan multitasking yang lebih baik karena peliharaan mereka.

Jadi, apakah kamu sudah tertarik untuk punya hewan peliharaan yang lucu di rumah?

 

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: 3 Manfaaat Kesehatan Punya Hewan Peliharaan

Berita Terkait

Berita Terkini