Info

Takut Berat Badan Naik? Berikut Lima Cara Ilmiah Berhenti Nyemil

Keinginan nyemil seseorang langsung berkurang secara drastis usai mencium aroma yang dihasilkan vanila.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi berhenti nyemil. (med.stanford.edu)
Ilustrasi berhenti nyemil. (med.stanford.edu)

Himedik.com - Siapa sih yang tak suka nyemil? Selain mudah dan praktis, kebiasaan ini juga ampuh menunda rasa lapar. Namun yang perlu diingat adalah terlalu banyak nyemil juga berisiko menaikkan berat badan.

Nah, bagi yang ingin berhenti namun masih terkendala. Baru-baru ini para ahli berhasil menemukan cara ilmiah yang mampu menghentikan kebiasaan nyemil.

Melansir dari Dewiku.com, nyemil pada dasarnya muncul saat seseorang merasa belum kenyang dengan makanan yang telah dilahap. Atau dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk yang tak lagi tertahankan.  

Nah, untuk sebagian orang yang begitu was-was dan ingin agar kebiasaan nyemil ini segera dihentikan, berikut beberapa cara ilmiah yang bisa kamu lakukan.

1. Mencium aroma vanila

Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2009, ditemukan bahwa keinginan nyemil seseorang langsung berkurang secara drastis usai mencium aroma yang dihasilkan vanila. Entah karena apa, namun aroma vanila yang kuat dipercaya menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

2. Berolahraga

Memunculkan niat untuk berolahraga dipercaya mampu mengontrol hormon ghrelin yang membuat keinginan nyemil muncul. Saat kamu mulai berkeinginan untuk nyemil, langsung siapkan dirimu untuk berolahraga ya.

3. Mengonsumsi teh hijau

Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)

Teh hijau memang sudah terbukti mampu menjadi obat untuk menurunkan berat badan. Karena itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa teh hijau mampu menekan keinginanmu untuk nyemil. Seduh teh hijau, dan rasakan secara perlahan keinginan nyemil kamu akan berkurang.

4. Tarik nafas panjang

Keinginan untuk nyemil biasanya muncul karena seseorang sedang dilanda stres. Meditasi dan senam sambil terus menarik nafas panjang dipercaya mampu membantumu mengontrol keinginan tersebut.

5. Minum yang banyak

Trik satu ini memang dipercaya secara ilmiah dapat menekan keinginan untuk nyemil. Mengkonsumsi air yang banyak sukses membut perutmu yang kroncongan menjadi penuh sehingga keinginan nyemil dapat terhindarkan. Selain itu, efek baik mengkonsumsi air putih adalah membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

Itulah lima cara ilmiah untuk menghentikan kebiasaan nyemil. Tertarik mencobanya?

 

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Peneliti Ungkap Cara Ilmiah untuk Hentikan Kebiasaan Nyemil

Berita Terkait

Berita Terkini