Info

Menurut Peneliti, Ini Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

Pull-up,push-up, dan squat dapat membakar rerata 13 kalori per menit.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi sit up. (musclemediaonline.com)
Ilustrasi sit up. (musclemediaonline.com)

Himedik.com - Untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satu yang harus dilakukan adalah berolahraga. Namun pernahkah kamu berpikir, olahraga apa sih yang paling banyak membakar kalori?

Melansir dari InStyle, para peneliti telah melakukan riset pada jumlah energi yang dihabiskan orang selama melakukan berbagai jenis latihan. Diketahui bahwa pull-uppush-up, dan squat dapat membakar rerata 13 kalori per menit. 

''Latihan ini berlangsung selama 20 menit, jadi total yang dibakar adalah 260 kalori. Rata-rata kalori per menit ini mengalahkan banyak bentuk latihan tradisional,'' kata Dr. Tim Church, seorang peneliti olahraga dan profesor kedokteran di Louisiana State University, AS.

Church menuturkan, hal yang perlu diingat adalah semakin banyak otot yang dilibatkan dan semakin keras latihan, maka akan semakin banyak kalori yang dikeluarkan oleh tubuh.

Push up. (Stack)
Ilustrasi push up. (shutterstock)

Sayangnya, pembakaran kalori per menit tidak selalu menjadi cara terbaik. ''Justru konsisten dalam menghabiskan waktu untuk olahragalah menjadi faktor yang paling penting,'' ungkap John Porcari, profesor ilmu olahraga di University of Wisconsin, La Crosse, AS.

Apabila kamu sangat kekurangan waktu untuk olahraga, latihan interval berintensitas tinggi mungkin jadi pilihan terbaik.Tapi banyak orang tidak akan merasa nyaman untuk mempertahankan instensitasnya.

Jadi intinya, berbagai macam olahraga sah-sah saja dilakukan. Kamu boleh melakukan bentuk-bentuk latihan ekstrem yang memaksimalkan pembakaran kalori per menit, dan yang paling penting adalah konsisten.

 

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Olahraga yang Membakar Banyak Kalori, Menurut Ahli

Berita Terkait

Berita Terkini