Info

4 Fakta Tentang Ketombe yang Perlu Kamu Tahu

Cara penataan rambut bisa memicu ketombe datang.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi shampo anti ketombe. (pixabay/huyenxu94)
Ilustrasi shampo anti ketombe. (pixabay/huyenxu94)

Himedik.com - Ketombe merupakan serpihan kecil berwarna kuning atau putih yang biasanya ada di rambut. Ketombe merupakan sel kulit mati yang jatuh dari kulit kepala.

Itulah mengapa jika memiliki ketombe, kulit kepala terlihat bersisik atau merah dan terasa gatal. Berikut fakta tentang ketombe yang harus kamu tahu.

1. Ketombe datang bukan dari perawatan rambut yang salah

Banyak bilang adanya ketombe karena tidak rambut kotor dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya ketombe datang karena cara menata rambut yang salah atau tidak cocok dengan produk yang digunakan.

Pasalnya beberapa pewarna rambut dan produk penata rambut dapat meninggalkan residu kering yang terkelupas atau memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe.

Cara menata rambut bisa memicu ketombe. (pixabay/StockSnap)
Cara menata rambut bisa memicu ketombe. (pixabay/StockSnap)

2. Ketombe tak hanya muncul di rambut

Tak hanya ada di rambut, ketombe juga bisa muncul di bagian tubuh mana pun yang memiliki rambut, seperti alis dan bulu mata. Sekaligus itu merupakan bentuk ringan dari seborrheic dermatitis.

3. Sinar matahari bisa bantu atasi ketombe

Luangkan sedikit waktu di bawah sinar matahari untuk mengatasi ketombe. Sinar matahari membantu menekan jamur yang menyebabkan ketombe dan seborrheic dermatitis.

4. Ketombe disebabkan oleh jamur

Folikel rambut dan kelenjar minyak membuat minyak alami (sebum) untuk melembapkan kulit kepala. Sayangnya, itu menjadi tempat yang memungkinkan jamur berkembang biak dan mereka akan hidup di kulit.

Masalahnya terlalu banyak jamur dapat menyebabkan ketombe. Terlalu banyak sebum juga bisa menyebabkan ketombe dan jika udara kering dapat menyebabkan kulit mengering dan mengelupas, yang dapat terlihat seperti ketombe.

Nah, jika kamu mengalami masalah ketombe sebaiknya gunakan shampo anti ketombe untuk mengatasinya. Jika tak kunjung membaik, segera pergi ke dokter ya.

Berita Terkait

Berita Terkini