Info

Ini yang Harus Dilakukan Jika Seseorang Memberi Tanda Peringatan Bunuh Diri

Menurut data CDC, hampir 45.000 orang Amerika meninggal karena bunuh diri.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ingin bunuh diri. (pixabay/johnhain)
Ilustrasi ingin bunuh diri. (pixabay/johnhain)

Himedik.com - Bunuh diri merupakan salah satu penyebab utama kematian di AS, dan terus meningkat angkanya di seluruh negeri. Menurut data CDC, hampir 45.000 orang Amerika meninggal karena bunuh diri pada tahun 2016.

Bunuh diri bisa dicegah dan itu dimulai dengan mengetahui apa yang harus dicari dan apa yang harus dilakukan.

Jika seseorang mengancam akan bunuh diri, jangan biarkan mereka sendirian. Usahakan agar orang itu tetap tenang, dan dapatkan bantuan dari orang lain.

Sebenarnya, orang yang bunuh diri tidak ingin mati, tetapi ingin mengakhiri rasa sakit mereka. Jangan anggap omongan mereka tentang bunuh diri hanya sebagai ancaman.

Pasalnya sebagian orang berbicara terbuka tentang keinginan untuk mati atau bunuh diri. Atau ketika sedang berbicara mereka hanya berkutat pada topik kematian dan kematian.

Orang yang ingin bunuh diri akan menyiapkan rencana. Mulai dari mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan kematian, seperti menulis surat wasiat, memberikan barang, mengucapkan selamat tinggal. Bahkan sebelumnya mereka juga mencari tahu cara-cara untuk bunuh diri.

Mereka akan menarik diri dari lingkungan sosial, menghindari teman dekat dan keluarga, dan kehilangan minat dalam beraktivitas. Mereka juga akan menunjukkan keputusasaan dan berbicara secara terbuka tentang rasa sakit yang tak tertahankan.

Ilustrasi bunuh diri. (pixabay/HASTYWORDS)
Ilustrasi bunuh diri. (pixabay/HASTYWORDS)

Seringkali, mereka depresi, cemas, sedih, atau marah, tetapi bisa tiba-tiba menjadi tenang setelah memutuskan untuk melakukan bunuh diri.

Jangan takut untuk menanyakan apakah orang yang kamu khawatirkan depresi, memiliki masalah, atau memikirkan bunuh diri. Membicarakannya tidak akan membuatnya bertindak berdasarkan perasaan mereka.

Sebaliknya hal itu mungkin benar-benar membantu meringankan atau mengurungkan pikirannya untuk bunuh diri. Jika perlu ajak dia ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan.

Berita Terkait

Berita Terkini