Info

3 Kebiasaan Remeh Temeh yang Undang Penyakit

Salah satunya membersihkan telinga, lho kok?

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi obat-obatan. (pixabay/stevepb)
Ilustrasi obat-obatan. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Namun, faktanya banyak orang acuh dengan imbauan tersebut dan akhirnya jatuh sakit.

Sejalan dengan itu, banyak orang tak peduli dengan kebersihan. Seperti tak mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah sembarangan, malas gosok gigi, dan lain sebagainya.

Padahal hal tersebut dapat mengundang beragam bakteri penyebab penyakit yang tentunya membahayakan kesehatan. Berikut telah dirangkum apa saja kebiasaan sepele yang undang penyakit.

1. Tidur tengkurap

Baru tahu kalau posisi tidur tengkurap bisa mendatangkan penyakit? Mulai sekarang jangan lakukan lagi karena tidur tengkurap dapat menyebabkan leher kaku dan tulang belakang nyeri.

Sebaiknya tidur dengan posisi telentang atau miring ke kanan dengan posisi tubuh dan kepala sejajar.

Ilustrasi bermain gadget sebelum tidur. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi tengkurap. (pixabay/StockSnap)

2. Membersihkan telinga

Nah ini, membersihkan telinga tak selamanya 'bersih'. Contohnya ketika kamu menggunakan cotton bud sebagai alat bantu karena itu tidak sepenuhnya membersihkan, malah mendorong kotoran masuk ke dalam.

Sebaiknya bersihkan dengan obat pembersih telinga yang dijual bebas di apotek atau pergi ke dokter dan lakukan spooling telinga.

3. Mengupil

Sesekali tak masalah jika tujuannya memang membersihkan kotoran, tapi jika sudah terlalu sering ini bisa menjadi masalah. Pasalnya mengupil bisa menyebabkan rontoknya bulu hidung, lapisan rongga hidung luka, hingga meningitis.

Kebiasaan di atas memang terlihat sepele, tapi jangan sekali-kali kamu lakukan jika tak mau penyakit datang.

Berita Terkait

Berita Terkini