Info

5 Fakta Protein, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Diet tinggi protein dapat bantu turunkan berat badan lho.

Rendy Adrikni Sadikin | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Makanan sumber protein. (pixabay/stevepb)
Makanan sumber protein. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Banyak yang beranggapan bahwa energi didapatkan dari karbohidrat, padahal dari protein juga lho. Protein merupakan makronutrien yang diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi, memperbaiki tulang dan otot, membangun sel, dan membantu sistem imun.

Nah, sejalan dengan peran pentingnya dalam tubuh, berikut telah dirangkum fakta tentang protein.

1. Manusia juga butuh kalori dari protein

Seperti yang telah disinggung di atas, protein juga dibutuhkan sebagai sumber energi. Energi sendiri didapat dari kalori yang ada dalam makanan.

Seberapa banyak? Tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas harian tentunya. Namun umumnya, rata-rata wanita dewasa dengan aktivitas normal membutuhkan sebanyak 2000 kalori dan pria 2500 kalori setiap harinya.

Sumbernya dari karbohidrat, lemak, dan protein. Nah, sekitar 10 hingga 35 persen lah kita harus mendapatkan kalori yang berasal dari protein setiap hari.

Sajian telur setengah matang. (pixabay)
Telur sumber protein. (pixabay)

2. Pria membutuhkan lebih banyak protein daripada wanita

Berapa banyak protein yang dibutuhkan tergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, aktivitas, dan hal-hal lain. Namun, pria biasanya membutuhkan lebih banyak protein daripada wanita.

Pria rata-rata membutuhkan sekitar 56 gram protein sehari sedangkan wanita membutuhkan 46 gram. Beberapa sumber protein yang mengandung sebanyak 50 gram protein di antaranya 3 ons ayam, 2 telur ukuran besar, 2 sendok makan selai kacang, dan 8 ons yoghurt.

3. Atlet membutuhkan lebih banyak protein

Telah disinggung pada poin sebelumnya bahwa aktivitas memengaruhi seberapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh. Seperti halnya atlet mereka membutuhkan lebih banyak protein untuk memperbaiki dan membangun kembali otot.

4. Dibandingkan telur, daging sapi memiliki lebih banyak protein

Keduanya merupakan sumber protein yang baik, tetapi nyatanya 3 ons daging sapi memiliki lebih banyak protein dibandingan dengan satu telur besar.

Sayangnya, daging juga tinggi lemak jenuh, yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan menyebabkan penyakit jantung. American Institute of Cancer Research merekomendasikan pembatasan daging merah hingga 18 ons seminggu serta menghindari konsumsi daging olahan seperti daging asap dan sosis.

Daging panggang. (pixabay)
Daging panggang. (pixabay)

5. Diet tinggi protein dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat dengan protein dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena makanan berprotein tinggi dicerna lebih lambat sehingga membantu merasa kenyang lebih lama.

Protein juga dapat membantu kadar gula darah tetap stabil. Selain itu tubuh membakar lebih banyak kalori yang berasal dari protein daripada karbohidrat.

Itulah fakta tentang protein yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini