Info

Camilan Hazelnut yang Lezat dan Bergizi, Siap Jadi Teman di Hari Libur

Ini lho manfaatnya jika kamu makan hazelnut.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Hazelnut. (unsplash)
Hazelnut. (unsplash)

Himedik.com - Kenikmatan hazelnut sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ketika dicampur dengan cokelat atau es krim, sungguh ini bisa menawarkan sejuta kebahagiaan bagi para penikmatnya.

Ya, camilan ini juga dikategorikan sebagai salah satu yang mengandung banyak kalori. Namun terlepas dari itu, hazelnut memiliki banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Berikut manfaat hazelnut, dilansir dari medical daily.

1. Tulang lebih kuat

Hazelnut adalah sumber nutrisi yang mengandung mangan. Satu ons kacang ini dapat memberikan hingga 87 persen asupan harian yang direkomendasikan.

Penelitian menunjukkan kombinasi mangan dan nutrisi lain berkontribusi meningkatkan kepadatan tulang yang bisa mengurangi risiko osteoporosis dan nyeri sendi.

Hazelnut dalam cokelat. (unsplash)
Hazelnut dalam cokelat. (unsplash)

2. Rasa kenyang lebih lama

Rachel Fine, ahli diet terdaftar dan pemilik layanan Nutrisi To The Pointe mengatakan kacang ini kaya nutrisi seperti asam oleat, omega-3, asam lemak omega-6 tak jenuh.

Ini bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama dan mencegah ngemil yang tidak sehat.

3. Untuk kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega-9 berkontribusi pada peningkatan HDL dan pengurangan LDL. Ini mencegah penumpukan plak di arteri sehingga mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan masalah lainnya.

Berbagai jenis kacang. (pixabay/ExploreBob)
Berbagai jenis kacang. (pixabay/ExploreBob)

4. Melindungi sistem tubuh lansia

Para peneliti di Oregon State University mengungkapkan hazelnut dapat membantu meningkatkan kadar vitamin E dan magnesium pada mereka yang sudah berusia lanjut. Ini bisa mengurangi kadar glukosa dan LDL.

5. Cegah kerusakan sel

Hazelnut merupakan sumber antioksidan yang bisa melindungi terhadap oksidasi sel. Ini bisa mengurangi tingkat kerusakan sel dari radikal bebas.

Antioksidan seperti vitamin E dapat membantu mengurangi risiko kanker seperti payudara, prostat dan kanker usus besar.

Berita Terkait

Berita Terkini