Info

Empat Makanan yang Membahayakan Anjing Peliharaan

Jauhkan susu dan cokelat dari anjingmu ya!

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bermain bersama hewan peliharaan. (pixabay)
Ilustrasi bermain bersama hewan peliharaan. (pixabay)

Himedik.com - Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Ketika kesepian, pemilik bisa mengajaknya jalan-jalan atau bermain bersama.

Apalagi tingkahnya yang lucu mampu mengundang tawa sehingga membantu memperbaiki suasana hati. Namun, hati-hati kalau kamu punya hewan peliharaan anjing di rumah. Pasalnya beberapa makanan di bawah ini berbahaya baginya.

1. Bawang

Jauhkan semua jenis bawang dari anjing karena dapat menyebabkan anemia. Bahkan hanya makan sekali saja, tapi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan keracunan. Tanda anjing keracunan adalah terlihat lemah, muntah, dan pernapasan terganggu.

2. Susu dan produk turunannya

Jangan sekali-kali membagi es krim pada anak anjing kesayanganmu. Susu dan produk yang mengandung susu dapat menyebabkan diare serta masalah pencernaan lainnya. Mereka juga dapat memicu alergi makanan, yang dapat menyebabkannya gatal-gatal.

Es krim (unsplash.com)
Es krim (unsplash)

 

3. Cokelat

Cokelat mengandung theobromine dan itu buruk untuk anjing. Kandungan tersebut ada dalam semua jenis cokelat, bahkan cokelat putih.

Jenis yang paling berbahaya adalah cokelat hitam dan cokelat panggang tanpa pemanis. Keracunan cokelat dapat menyebabkan anjing muntah dan diare hingga masalah jantung, tremor, kejang, dan kematian.

4. Telur mentah

Beberapa orang memberi makan anjing mereka makanan mentah yang mencakup telur mentah. Namun, asosiasi kedokteran hewan tidak berpikir itu adalah ide yang bagus.

Memberinya makanan mentah memberi kemungkinan mereka keracunan bakteri seperti salmonella atau E. coli.

Itulah empat makanan yang membahayakan anjing peliharaanmu. Mulai sekarang lebih hati-hati dan jaga kesehatannya ya.

Berita Terkait

Berita Terkini