Info

Terungkap Musik Tak Berikan Dampak Apapun Bagi Otak, Berikut Fakta Lainnya

Kabarnya manusia hanya menggunakan 10 persen otak mereka.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi otak. (pixabay/ElisaRiva)
Ilustrasi otak. (pixabay/ElisaRiva)

Himedik.com - Para ilmuwan pernah berpikir bahwa mendengarkan Mozart dapat meningkatkan IQ siswa. Berdasarkan hasil tersebut, CD dan DVD musik klasik untuk bayi menjadi populer.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa musik tidak memberikan efek nyata pada kecerdasan. Mau tahu mitos dan fakta tentang otak lainnya? Simak ulasan berikut.

1. Mitos: Manusia hanya menggunakan 10 persen otaknya

Banyak kabar beredar bahwa manusia hanya menggunakan 10 persen otaknya. Faktanya, studi pemindaian otak menunjukkan bahwa semua area otak aktif.

Jadi hentikan membeli produk yang mengklaim dapat mengaktifkan 'sisa otak' karena mereka tidak benar-benar melakukan apa pun.

2. Mitos: Ada orang berotak kanan dan ada yang berotak kiri

Cara berpikir seseorang tidak ditentukan oleh sisi otak mana yang digunakan. Keduanya bekerja sama dalam setiap tugas mental.

Jadi itu adalah mitos bahwa pemikir logis menggunakan sisi kiri otak mereka, sedangkan tipe emosional dan kreatif bergantung pada otak kanan.

3. Mitos: Otak berwarna abu-abu

Otak manusia sering digambarkan berwarna abu-abu kusam. Meskipun memiliki materi abu-abu, ia juga memiliki materi putih, dan pembuluh darahnya berwarna merah, sedangkan area di tengah berwarna hitam.

4. Fakta: Otak tetap bekerja saat tidur

Meski tubuh beristirahat selama tidur, otak tetap aktif lho karena otak menjalankan banyak fungsi tubuh, seperti bernafas, dan memilah informasi pada hari itu.

Otak akan mengunci hal-hal yang dipelajari ke dalam memori. Proses ini disebut dengan konsolidasi.

Gimana sudah tahu kan fakta otak yang sebenar-benarnya? Mulai sekarang jangan gampang termakan informasi yang beredar.

Berita Terkait

Berita Terkini