Info

4 Makanan yang Mengontrol Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Kamu bisa coba infused water.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi obat diabetes. (pixabay)
Ilustrasi obat diabetes. (pixabay)

Himedik.com - Diabetes terjadi ketika tubuh tidak lagi mampu mengontrol kadar gula darah secara efektif. Ketika kamu mengalaminya, apa yang dimakan dapat membantu mengontrol gula darah, mencegah rasa lapar, dan merasa kenyang lebih lama.

''Diabetes terjadi ketika kadar gula atau gula darah di atas normal. Makanan tinggi karbohidrat dan dessert yang cenderung manis dapat menyebabkan kenaikan ini,'' kata Maggie Powers, PhD.

Berikut telah dirangkum makanan apa saja yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

1. Sayuran

Pilih sayuran rendah karbohidrat yang lezat, seperti jamur, bawang, terong, tomat, kubis, dan zucchini. Atau jika ingin membuat salad,  cobalah kangkung, bayam, dan chard.

Kamu bisa memanggang daun kangkung dalam oven dengan minyak zaitun untuk sajian keripik yang renyah dan cepat. Resep lain, kamu juga bisa mencampurkan sayuran hijau dengan sayuran panggang untuk menambah tekstur dan rasa yang berbeda.

Sayuran. (pixabay/sponchia)
Sayuran. (pixabay/sponchia)

2. Minuman beraroma rendah kalori

Mengapa tak coba infused water? Potong lemon atau mentimun dan masukkan ke dalam air, atau buat es batu dengan sedikit 'rasa' di dalamnya.

''Minuman ini tidak hanya rendah karbohidrat, mereka juga dapat membantu memenuhi kebutuhan sehingga Anda tidak membutuhkan makanan lain,'' kata Powers.

3. Melon atau Berry

Tahukah kamu bahwa satu cangkir dari keduanya hanya mengandung sebanyak 15 gram karbohidrat?

''Sedikit lebih mahal, tetapi ini adalah suguhan sehat yang dikemas dengan nutrisi dan serat, dan ini sedikit manis,'' kata Powers.

4. Protein

Untuk sumber protein, Powers menyarankan yogurt Yunani, keju cottage, telur, dan daging tanpa lemak.

''Secara keseluruhan, rencana makan Anda tidak boleh membosankan,'' kata Powers.

''Itu harus mencakup makanan yang Anda sukai dengan keseimbangan karbohidrat.''

Tak hanya untuk penderita diabetes, sajian makanan di atas juga perlu kamu perhatikan untuk mencegah penyakik datang sehingga tubuh tetap sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini